HUT RI 76

BNPB Bekali 110 Relawan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 Klaster PON XX Papua

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membekali 110 relawan protokol kesehatan (prokes) yang bertugas pada gelara pekan olahraga nasional (PON) XX di Papua. Pembekalan itu guna mencegah munculnya klaster covid-19 pada helatan olahraga tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, pembekalan tersebut diberikan kepada para relawan yang bertugas di Kabupaten Jayapura.

“Mereka mendapat pelatihan untuk melakukan penguatan protokol kesehatan dalam perhelatan PON XX di Papua,” kata Abdul dikutip dari siaran pers, Minggu (26/9/2021).

Para relawaan tersebut tergabung dari berbagai organisasi. Dalam pembekalan, mereka diberikan materi soal peningkatan kapasitas terkait protokol kesehatan dan pemanfaatan inaRISK sebagai instrumen pelaporan kegiatan.

“Relawan tersebut nantinya bertugas sebagai duta perubahan perilaku dengan membagikan masker kepada para atlet, pendamping, penonton, dan masyarakat di sekitar venue PON XX,” kata dia.

Adapun para relawan tersebut akan mulai bertugas dengan turun langsung membagikan masker kepada masyarakat melalui gerakan mobil masker.

Sebelumnya BNPB juga telah memberikan pembekalan kepada relawan protokol kesehatan yang ditugaskan di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Setidaknya ada sekitar 500 relawan yang diturunkan untuk penguatan protokol kesehatan selama PON XX Papua. (jirur)

Disarankan
Click To Comments