Risol Ceu Empit Selalu Diburu Pembeli Jadi Menu Wajib Berbuka Puasa di Tangerang

HANYA ADA SAAT RAMADHAN

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Takjil adalah makanan yang biasa dihidangkan untuk menu berbuka puasa. Nah, di Kota Tangerang, Banten misalnya ada menu wajib yang ‘ngangenin’, yaitu Risol Ceu Empit yang sudah ada sejak 1998 lalu.

Bagaimana tidak, hidangan yang satu ini pun hanya ada saat bulan suci Ramadhan saja. Dengan komposisi kulit risol yang gurih berisi sayuran wortel dan dicocol sambal khasnya pun selalu menggoyang lidah.

Berlokasi di Jalan Kali Pasir, RT 04, RW 04, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Risol Ceu Empit sudah memiliki langganan tetap loh. Seperti dari Kota Tangerang Selatan, Jakarta, hingga Bogor.

Hafifah Rais atau yang dikenal Ceu Empit, menyebutkan dirinya memang sengaja hanya buka saat bulan Ramadhan saja. Sebab sudah dari sejak dahulu yang menjadi ciri khasnya.

“Kan namanya risol Ramadhan, kalau hari biasa bukan risol Ramadhan namanya. Ya supaya orang-orang kangen aja,” ucapnya saat ditemui PenaMerdeka.com, Rabu (6/4/2022).

Dibantu berjualan oleh adik dan keponakannya, Ceu Empit bisa memproduksi 600 pcs dalam satu hari. Nah apabila ada yang ingin membeli wajib juga untuk memesan terlebih dahulu.

“Iyah betul (pesan dahulu). Jadi begitu karena kalau masih ada waktu buat nge-goreng masih dilayanin, kalau enggak ya enggak bisa tapi pelanggan udah pada tahu si yah kalau mau beli pesan dulu,” katanya.

Ceu Empit menjual risol khasnya itu dengan harga yang masih terjangkau, yakin Rp3.000 per-pcs. Dan harga tersebut pun tidak naik walaupun diiringi harga minyak yang melambung tinggi saat ini.

img 20220406 161243
Hafifah Rais atau Ceu Empit saat membuat risol Ramadhan. (dok/PenaMerdeka.com)

“Ya itu di kecilin dikit (ukurannya) mau di naikin (harganya) juga enggak enak, tapi kalaupun naik juga enggak ada keluhan sih soalnya saya udah tanya pada mau terima kalau harga naik. Mau naik ok kecil sip kata pelanggan,” tuturnya sambil menggulung risol.

Saat ini Ceu Empit mencoba juga untuk berdagang pada bulan biasa lantaran desakan pembeli setianya. Namun, dirinya hanya buka untuk warga yang menjalankan ibadah puasa sunah di hari Senin.

“Alhamdulillah buat yang puasa Senin Kamis sebelum Ramadhan sudah dicoba. Cuman pas Kamisnya saya di tanyain kenapa enggak dagang ya saya jawab saya-nya enggak mau, capek,” jelasnya sambil tertawa.

Sementara itu Nunung, salah satu pembeli setia dari Serpong, Kota Tangerang Selatan rela naik angkutan umum untuk bisa membeli risol Ceu Empit. Sekali beli pun dia banyak untuk distok sampai beberapa hari kedepan.

“Ya jauh si, tapi jadi menu wajib saya kalau buka puasa. Satu karena rasanya beda sama yang lain udah enggak diragukan lagi, apalagi sambalnya. Saya sekali beli 2 kotak besar yang mentahnya biar bisa sampai 3 hari, ya kalau abis saya kesini lagi,” tambahnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments