Gandeng UMT, MoRA-LPDP Victoria Australia Gelar Sayembara Penulisan Cerpen dan Puisi Tingkat Internasional

PERINGATI BULAN BAHASA 2022

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – MoRA lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Victoria Australia bekerjasama dengan kantor Bahasa Provinsi Banten dan didukung oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) menggelar Sayembara penulisan cerita pendek (cerpen) dan puisi tingkat Internasional.

Sayembara cerpen dan puisi ini diadakan sejak awal September 2022 dengan tujuan untuk mempertinggi daya literasi menulis kreatif dan menginternasionalkan bahasa Indonesia. 

Malam Anugerah acara sayembara ini dilaksanakan secara Luring serta Daring malam di Halaman Plaza Kampus Universitas Muhammadiyah Tangerang pada Minggu (30/10/2022) malam.

Rektor UMT, Ahmad Amarullah mengapresiasi helatan yang digelar LPDP Victoria Australia dengan menggandeng ‘kampus biru’ tersebut serta Kantor Bahasa Provinsi Banten dalam menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui lomba tersebut. 

“Semenjak awal September lomba ini dibuka, antusias perserta sangat tinggi, ada sebanyak 302 peserta dari dalam negeri serta luar negeri yang mengikuti lomba tingkat internasional ini, lomba ini dibagi melalui tiga kategori yaitu Mahasiswa, Pemerhati dan Diaspora serta pada malam ini diumumkan para pemenangnya,” ujarnya. 

Amarullah menjelaskan kegiatan sayembara menulis cerpen serta puisi ini digelar dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun 2022 serta semangat hari Sumpah Pemuda.

“Guna menjamin mutu penyelenggaraan sayembara bertaraf Internasional ini, penyelenggara mengundang sastrawan terkenal Indonesia yg perannya sudah go Internasional seperti Putu Wijaya, Helvy Tiana Rosa, Zen Hae dan Hanna Fransisca menjadi tim dewan juri,” jelasnya. 

Rektor menambahkan dari hasil penilaian dewan juri dengan nilai yang ketat akhirnya keluar 10 pemenang terbaik untuk Cerpen serta 10 terbaik untuk puisi.

“Setiap pemenang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD250, sertifikat serta trophy,” tukasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments