Dorong UMKM Indonesia Mendunia Presiden Joko Widodo Gandeng Jack Ma

Presiden Joko Widodo dan Jack Ma pendiri sekaligus CEO mempunyai pemikiran serta visi yang serupa perihal bantuan pada usaha mikro kecil dan menengah (umkm). mereka sehaluan umkm mesti diberi akses pada teknologi supaya bisa meningkat lebih pesat.

“Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. Bahwa UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Posisi ataupun visi dari Jack Ma itu juga begitu, di mana-mana di seluruh dunia yang difokuskan adalah bagaimana kepada UKM,” kata Menkominfo Rudiantara sesaat setelah mendampingi Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Alibaba Group Corporate Campus, Hangzhou, China, seperti dilansir situs Setkab, Sabtu (3/9).

Menteri Rudiantara memaparkan, Saat ini antara pemerintah Indonesia bersama alibaba telah mempunyai kerjasama buat memasarkan produk Indonesia di Pasar Tiongkok melalui layanan Tmall (Taobao Mall).

“Tmall itu adalah platform marketplace untuk Tiongkok, masuklah bagian dari itu yang namanya Inamall untuk produk-produk Indonesia. Tapi produk Indonesia ini saat ini adalah untuk yang large FMCG (Fast Moving Consumer Goods) seperti Kopi Kapal Api dan Indomie,” jelas Rudiantara.

Lebih lanjut Menkominfo mengungkapkan, dalam pertemuan dengan CEO Alibaba dijajaki supaya UMKM-UMKM Indonesia pun dapat masuk ke Tmall. Selain itu juga dijajaki supaya UMKM tersebut dapat masuk ke dalam layanan AliExpress.

Dalam lawatan ke Alibaba, Presiden didampingi Ibu Iriana Joko Widodo berserta Luhut Binsar Panjaitan Menko Kemaritiman, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, MenKeu Sri Mulyani, Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Sugeng Rahardjo Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT.

Dalam hal ini, pemerintah rupanya bertekad tidak cuma mentarget pasar Tiongkok. Melalui layanan dari Alibaba lainnya, produk-produk UKM asal Indonesia diharapkan juga mampu merambah pasar dunia. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah