HUT RI 76

Tuntut Merdeka Dari Spanyol Ratusan Ribu Warga Catalonia Turun Ke Jalan

Jalanan kota Bacelona di penuhi hampir 800 ribu warga Catalonia yang turun ke jalanan untuk menyerukan kemerdekaan, Warga menuntut percepatan proses merdeka dari Spayol.

Menurut kepolisian setempat diperkirakan ada sekitar 800 ribu warga ikut serta dalam aksi protes tersebut. seperti dilansir AFP. Akan tetapi pemerintah Spanyol yang menentang keras tuntutan kemerdekaan warga Catalonia, menyebutkan hanya sekitar 370 warga yang ikut dalam akasi tersebut.

Dengan mengenakan kaos bertuliskan ‘Siap’ sebagai slogan pro-kemerdekaan, warga membawa spanduk-spanduk dan bendera berwarna kuning, merah dan biru simbol kelompok pendukung kemerdekaan Catalonia.

Wakil Presiden Majelis Nasional Catalan, Natalia Estevez mengatakan “Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami berbeda, tetapi kami bersatu. Kami sebuah negara, sedang bergerak dan kami saat ini berdiri untuk mengubah sejumlah suara menjadi negara baru” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya saat referendum tak resmi pada tahun 2014 lalu, sebanyak 80 % pemilih mendukung kemerdekaan Catalonia. Akan tetapi kelompok oposisi mati-matian mempertahankan Catalonia untuk tetap menjadi bagian dari Spanyol.

Unjuk rasa besar-besaran seperti ini setiap tahunnya di gelar warga wilayah Catalonia, sejak tahun 2012 lalu. yaitu pada tanggal 11 september yang bertepatan dengan hari nasional Catalonia. Dan pertengahan tahun depan pemerintah daerah Catalan pro-kemerdekaan telah menetapkan sebagai target kemerdekaan wilayahnya dari Spanyol. (penamas/dbs)

Disarankan
Click To Comments