Didemo, Presiden Jokowi Sambangi Kota Tangerang Tinjau Proyek KA

Saat mobilisasi massa yang melakukan aksi damai terkait meminta ketegasan pemerintah menyusul pernyataan Cagub DKI Jakarta yang meresahkan warga muslim, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), masih sempat menyambangi proyek Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta di Kota Tangerang.

Dalam kesempatan itu menurut Presiden Jokowi kedatangannya melihat langsung lokasi proyek nasional tersebut karena hendak memastikan soal pembebasan lahan. Ia menegaskan supaya pembebasan lahan untuk perlintasan jalur KA telah diselesaikan bertemu langsung pemilik tanah yang terletak di Jalan Pembangunan I, Batuceper, Kota Tangerang, Banten.

“Sebelumnya untuk pembesan lahan proyek KA tadinya belum selesai (pembebasan lahan), tetapi ternyata sekarang sudah rampung. Tadi pemiliknya sudah salaman. Saya hanya ingin memastikan itu saja. Karena ini targetnya Desember sudah harus rampung,” ucap Presiden.

Dari hasil blusukannya ini, Jokowi mendapat informasi langsung berbagai perkembangan terkait proyek kereta api bandara ini. Kita sudah lihat progress-nya, dari kota ke bandara, atau bandara ke kota akan tepat waktu, sesuai yang saya sampaikan pada awal 2015 lalu.

Kunjungan Presiden ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro serta Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah.

“Luas lahan yang terkena pembebasan sekitar 4,5 hektar, karena lokasi ini kena pembebasan lahan untuk proyek Kereta Bandara dan Tol Kunciran-Bandara,” Jelas Walikota Tangerang kepada Presiden.
Dan ini menurut Arief Wismansyah ada sekitar 400 pegawai yang menjadi karyawan di pabrik ini, mereka sudah siap untuk pindah.

Sebelumnya kata Walikota persoaln pembebasan lahan terkendala di wilayah pabrik ini. Jadi rencananya pindahnya pabrik pun masih di Kota Tangerang. (agus)

Disarankan
Click To Comments