Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pemkot Tangsel Didesak Segera Lakukan Lelang Jabatan

Tangsel,PenaMerdeka – Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) meminta lelang jabatan untuk eselon II b di lingkungan Pemkot Tangsel harus terbuka. Koordinator TRUTH Suhendar mengatakan, adapun proses pelaksanaan lelang harus terbuka bukan hanya formalitas.

Mekanismenya harus sesuai dengan UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Lebih dalam kata Suhendar, dalam peraturan tersebut menyebutkan jika ada pengisian jabatan Camat, Kepala Dinas dan jabatan yang setingkatnya apabila tidak melakukan lelang jabatan, maka hasilnya cacat hukum dan dapat dibatalkan.

”Jadi proses lelang sangat jelas, merupakan perintah UU ASN, jadi tidak boleh menyimpang prosedurnya. Maka itu harus segera dilakukan agar tidak ada kekosongan jabatan,” katanya, Selasa (10/1).

Untuk itu, pemerintah membuat pengumuman secara terbuka untuk pembentukan panitia seleksi (pansel) dari berbagai unsur untuk melaksanakan proses lelang jabatan. Pansel juga harus membuat pengumuman syarat dan jabatan yang akan dilelang.

”Jadi prosesnya benar-benar terbuka dan transparan. Jangan sampai ada indikasi titipan untuk jabatan,” ungkapnya.

Hingga saat ini, ada tujuh posisi SKPD yang masih kosong. Yakni Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BMPPKB), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kemudian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Lingkungan Hidup serta‎ Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
Belum ada informasi akan dilakukan lelang. Walaupun sebagian pejabat eselon II b yang telah dilantik dan sudah melakukan kerja ataupun pisah sambut dengan jajaran di ruang kerja masing-masing.

Seperti mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Teddy Meiyadi pisah sambut kepada jajarannya. Posisinya digantikan M Taher Rochmadi. Kini, Teddy menjabat menjadi Asisten Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat.

Sebelumnya, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, lelang jabatan akan dilakukan terbuka, jadi tidak ada titipan-titipan. Ia menegaskan setiap jabatan yang ditunjuk, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan personal pejabat tersebut. Tolak ukurnya dari hasil kinerjanya. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan