Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

0 62

PenaMerdeka – Efek berjalan tanpa menggunakan alas kaki adalah sesuatu yang biasanya diabaikan, apalagi banyak anggapan bila berjalan tanpa alas kaki bisa menyebabkan cidera atau infeksi. Akan tetapi perlu diingat bahwa sejak zaman terdahulu, banyak orang bepergian kemana mereka inginkan dengan bertelanjang kaki, namun hal tersebut tidak membuat kesehatan memburuk. Bahkan terdapat beberapa manfaat dari berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

1. Melancarkan sirkulasi darah
Dampak yang ditimbulkan dengan berjalan tanpa alas kaki juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Tanpa menggunakan alas, stimulasi akan lebih banyak didapatkan. Dengan demikian maka darah akan bergerak lebih cepat dan lancar, ini sangat baik untuk kesehatan tubuh .

Selain itu, juga akan menurunkan tingkat kekentalan darah dalam tubuh, hal ini menunjukkan darah dapat mengalir menuju jantung menjadi lebih lancar, sehingga dapat mengurangi risiko terserang gangguan penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan pada anak
Penyakit diabetes dan obesitas dapat menjadi masalah serius pada anak. Cara efektif untuk mengatasi masalah ini salah satunya adalah dengan mengajak anak untuk berjalan tanpa alas kaki.

Saat melakukan cara ini pastikan untuk memperhatikan permukaan tanah yang akan dilalui, agar jalan atau permukaan tanah tersebut terbebas dari jalanan yang dapat melukai kaki sang anak. Permukaan tanah dengan rumput atau berpasir menjadi pilihan tepat untuk kondisi ini.

3. Meningkatkan Keseimbangan Otak
Semakin seseorang merasa dekat dengan alam disekitarnya, akan berdampak baik pada kesegaran pikiran, otak akan semakin menemukan keseimbangannya. Sehingga sistem saraf dapat bekerja dengan lebih baik.

4. Memperbaiki Postur Tubuh
Terkadang saat menggunakan sepatu membuat kaki dan tubuh mengikuti posisi sepatu tersebut, apalagi sepatu yang dikenakan ukurannya tidak pas sehingga tidak nyaman saat dikenakan.

Dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, posisi kaki menjadi berdiri secara alami dan memahami posisi yang sesuai untuk keseimbangan. Dan selanjutnya dapat memperbaiki posisi sedang berdiri maupun saat sedang duduk.

5. Membuat Tidur Nyenyak
Selanjutnya manfaat lain bagi orang yang sering melakukan kegiatan dengan berjalan tanpa alas kaki, membuat kaki dan tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...