Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Cegah Money Politik, Panwaslu Kota Tangerang Perkuat Pengawasan

0 106

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Potensi pelanggaran money politik masih menjadi hal yang harus diantisipasi oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang. Sistem dan penguatan SDM dalam pengawasan menjelang Pilgub Banten 2017 diperkuat supaya perhelatan pemilihan Guberrnur dan Wakil Gubernur berjalan sukses.

Pasalnya menurut pihak Panwaslu, kota berjuluk Akhlakul Karimah dianggap daerah yang masih rawan dengan pelanggaran money politik.

Agus Muslim, Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang pada Senin (31/1) saat menggelar rapat kerja teknis pengawasan Pilgub Banten di Days Hotel & Suites, Jalan Pembangunan III Kota Tangerang mengatakan, kedepan ada Petugas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Maka dari itu kegiatan ini digelar dalam rangka penguatan kapasitas pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Nantinya kata Agus melanjutkan, PTPS juga diharapkan dapat memahami langkah kerja pengawasan.

“Dengan begitu, PTPS harus mampu meminimalisir persoalan yang kerap terjadi saat hari pencoblosan di TPS, seperti proses pemungutan suara dan perhitungan suara,” kata Agus saat ditemui PenaMerdeka disela acara.

Total anggota pengawas di Pilgub yang diberikan arahan teknis ini kata Agus, ada sekitar 2468 PTPS, 104 PPL (pengawas tingkat kelurahan) dan 39 anggota Panwascam dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

“Potensi money politik pasti ada di setiap kecamatan, makanya persoalan itu harus diantisipasi oleh temen-temen PTPS. Sehingga harapan kita dengan hadirnya PTPS di Pilgub Banten ini bisa menjadi solusi kerawanan persoalan setiap pelanggaran,” tandasnya.

Nantinya tambah Agus, pihaknya akan menyebarkan nomer telpon anggota PTPS supaya ketika nanti masyarakat menemukan persoalan pelanggaran Pilgub dapat menyampaikan ke PTPS.

“Yang terpenting bagi kita adalah bagaimana melakukan pencegahan pelanggaran dapat diantisipasi,” ungkapnya.

Selain money politik kemudian kita coba sampaikan dalam rapat kerja ini beberapa hal teknis yang harus dikuasai juga oleh pengawas. Yakni mereka juga harus mampu mengidentifikasi kerawanan perhitungan suara, itu juga harus dapat di pahami oleh petugas pengawasan. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...