Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPU Kota Tangerang Tetapkan 486 Hak Pilih Penghuni Lapas di Pilgub Banten

0 95

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mencatat ada 486 hak pilih penghuni di Lapas yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di perhelatan Pilgub Banten. Sementara, untuk tempat pencoblosan kepada pengguna hak pilih untuk penghuni lapas tersebut KPU Kota Tangerang sudah mempersiapkan sebanyak empat TPS.

Disebutkan, untuk Lapas Pemuda kelas II A Tangerang ada dua yakni TPS 36 dan 37 dengan jumlah pemilih masing masing TPS berjumlah 187 dan 211 suara.

“Untuk di Lapas wanita kelas II A sendiri itu ada 20 pemilih, sementara di Lapas Pria Kelas I ada 68 yang dapat memberikan hak suaranya,” ujar Ahmad Syailendra, Komisioner Divisi Program Data dan Informasi KPU Kota Tangerang, kepada PenaMerdeka.com, Senin (6/2).

Sementara itu, bagi hak pilih penghuni Lapas Anak Pria kelas I A Tangerang dan Lapas Anak Wanita kelas II B Kata Syailendra akan menggunakan dua konsep karena pemilihnya di lokasi tersebut jumlahnya sedikit dan rata-rata masih banyak di bawah umur 17 tahun.

“Lokasi pencobolosan bagi hak pilih penghuni Lapas akan didekatkan ke TPS sekitar lingkungan setempat. Ini pernah dilakukan seperti Pemilu sebelumnya. Atau juga bisa dilimpahkan ke Lapas yang ada TPS nya,” terang Syaelendra.

Menurutnya data yang mempunyai hak suara dan tercatat dalam DPT merupakan hasil kordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang. Sedangkan, bagi penghuni di Lapas itu sendiri yang tidak tercantum dalam DPT tetapi mempunyai hak suara agar keluarga dari warga binaan tersebut meminta surat keterangan (Suket) dari Dinas terkait.

“Misalkan ada hak pilih penghuni Lapas berasal Pandeglang yang ingin memberikan hak suranya dalam Pilgub Banten tetapi sekarang menjadi warga binaan di salah satu Lapas di Kota Tangerang maka nanti keluarganya yang mengurus secara administrasi. Bisa mengunakan formulir A 5,” pungkasnya. (man)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...