Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jelang Pencoblosan, Bawaslu Banten Sebar 2000 tim Saber Money Politik

0

BANTEN,PenaMerdeka – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten akan menyebar 2.000 tim sapu bersih (saber) di 15.640 TPS di delapan kabupaten kota. Tim Saber money politik dibentuk untuk mendorong Pilkada yang bersih, jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tanthowi mengatakan, tim saber kini sudah mulai bekerja dan mengawasi setiap gerak-gerik pendukung calon. Soalnya masa-masa jelang pencoblosan rawan terjadinya politik uang.

”Maka itu kita berharap adanya tim saber money politik atau tim pemantau pelanggaran politik uang dapat juga mencegah terjadinya pelanggaran politik uang,” kata Pramono kepada wartawan, Sabtu (11/12).

Ia kembali menegaskan, tim saber mempunyai tujuan khusus yakni supaya pilkada ini bersih dari politik uang, tentunya kedepan kata Pramono Banten akan mempunyai pemimpin bersih dan bisa menciptakan birokrasi yang hebat dan profesional.

Tak hanya mencegah politik uang, tim saber akan bekerja untuk menjaga keberlangsungan Pilkada. Diantaranya adalah dengan pencegahan dan antisipasi mobilisasi birokrasi yang akan terjadi hari-hari akhir kampanye dan hari tenang.

”Dan untuk langkah-langkah yang telah kita (Bawaslu, red) lalui, kita juga akan bertemu kembali dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) masing-masing kota untuk kita ulangi kembali pengecekan tentang suket. Ini sebagai soal mobilisasi birokrasi,” katanya.

Pramono juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Banten untuk tidak mengizinkan adanya pertemuan ramai. Baik pertemuan konsolidasi antar partai, aksi relawan, pengajian majelis taklim yang melibatkan banyak massa.

”Pertemuan ini dilarang karena dikhawatirkan akan menjadi pintu masuk kampanye dan politik uang. Makanya tim saber money politik salah satunya akan memantau kegiatan seperti ini,” ujar Pramono.

Sementara, Komisioner Bawaslu RI Daniel Zuchron mengklaim pihaknya sudah meminimalisasi kemungkinan adanya kecurangan jelang hari pencoblosan termasuk dengan membentuk tim saber. Apalagi menurutnya panwaslu di kota kabupaten telah bekerja optimal.

“Di kota kabupaten ada dibentuk tim saber money politik,” ucapnya.

Melalui Panwaslu yang ada di kota dan kabupaten di Banten semuanya kata dia sudah diintruksikan untuk membentuk tim saber.

”Kita pastikan peristiwa dinamis tetap dalam kontrol panwaslu. Dengan tim saber money politik kita bisa plototi untuk mengurangi adanya kecurangan. Selain itu kita juga minta seluruh daftar pemilih sudah melakukan DPT (daftar pemilih tetap),” tandasnya. (wahyudi)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

felis ut Sed Donec vel, tristique