Aplikasi “Malang Menyapa” Permudah Wisatawan Dapatkan Informasi Wisata

KOTA MALANG, PenaMerdeka.com – Bagi anda yang memiliki tujuan berwisata di daerah Malang Jawa Timur, kini tidak usah khawatir lagi untuk mengetahui tempat-tempat yang selama ini belum pernah di kunjungi oleh sahabat traveler. Karena kini Pemerintah Kota Malang telah mengembangkan aplikasi Android yang diberi nama “Malang Menyapa”.

Untuk mengakses aplikasi tersebut sangat mudah, yakni dengan cara mendonlowd aplikasi ini di Play Store. Dikembangkannya aplikasi itu, selain mempermudah wisatawan untuk hadir ke tempat wisata di Kota Malang. Tetapi juga memiliki tujuan untuk mempermudah para pelaku wisata memperkenalkan tempat wisatanya melalui aplikasi android tersebut.

“Malang Menyapa sebuah aplikasi pariwisata berbasis Android untuk memudahkan pelaku pariwisata ataupun dari wisatawannya sendiri,” kata Agung H Buanana Kasi Pemasaran pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Jumat (24/03) lalu.

Menurutnya, ada sekitar tujuh fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut. Di antaranya, destinasi, belanja, hotel, makanan, travel, oleh-oleh dan hiburan. Rencananya, pengelola usaha pariwisata di Kota Malang akan dibebaskan untuk melakukan promosi di dalam aplikasi itu. Sampai saat ini, aplikasi itu masih pada tahap pengembangan. Nantinya kata Agung, pelaku usaha tinggal registrasi dan membubuhkan konten di aplikasi sesuai dengan usahanya.

“Pelaku wisata mendapatkan promosi gratis. Jadi dengan masuk ke aplikasi ini bisa mempromosikan usahanya. Pelaku wisata dapat dengan sendirinya mengaploud data,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, Pemerintah Kota Malang juga sudah menyiapkan tenaga admin untuk melakukan verifikasi terhadap semua pelaku pariwisata yang ingin masuk ke aplikasi “Malang Menyapa” itu untuk menghindari kekeliruan data atau konten yang palsu. Admin tersebut nanti tugasnya akan menolak jika data-data yang dimasukan tidak sesuai.

“Kita punya admin yang bertindak untuk memfilter, yang layak atau tidak. Siapapun yang register harus divalidasi dulu oleh admin,” jelasnya.

Bagi para pelaku pariwisata lanjut Agung mengatakan, pada saat melakukan proses register harus mencantumkan alamat lengkap lokasi usahanya dan dapat terdeteksi oleh Google map. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut dengan mudah menemukan lokasinya.

Selain itu, di dalam aplikasi “Malang Menyapa” itu juga terdapat fitur kalender event. Fitur itu nantinya untuk mengabarkan kepada semua wisatawan terkait event-event wisata yang akan berlangsung di Kota Malang.

“Pemerintah Kota Malang juga sudah mengembangkan SMS yang secara otomatis akan terkirim kepada nomor telepon genggam wisatawan yang baru datang ke Malang. Hanya saja sekarang ini masih kita lakukan penyempurnaan,” terangnya.

Melalui aplikasi “Malang Menyapa” ini, Pemerintah Kota Malang pada tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan Mancanegara ke Kota Malang sebanyak 800 ribu sampai 1,5 juta orang. (herman/dbs)

Click To Comments