Dua Raksasa Teknologi, Google’ Dan Facebook Kena Tipu?

google dan facebook

CALIFORNIA, PenaMerdeka – Dua perusahaan teknologi raksasa, Google’ dan Facebook disebut menjadi sasaran penipuan dan mengalami kerugian mencapai sekitar Rp 1,33 triliun atau US$ 100 juta. Keduanya tertipu oleh seorang pria asal Lithuania Evaldas Rimasauskas dalam kurun waktu lebih kurang dua tahun.

Rimasauskas pria berumur 40an itu berhasil melakukan skema penipuan terhadap dua raksasa teknologi dunia, Google dan Facebook sejak tahun 2013 hingga tahun 2015.

Dari keterangan Departemen Kehakiman AS menyebutkan, Rimasauskas melakukan hal tersebut dengan menggunakan cara phishing, kemudian dengan berperan sebagai perusahaan manufaktur elektronik yang kerap berbisnis dengan Google’ dan Facebook, ia melengkapi aksinya dengan faktur dan stempel perusahaan.

Modus yang dilakukan Rimasauskas untuk menipu dengan meminta biaya pembayaran barang dan jasa berbentuk komponen komputer yang digunakan dua perusahaan paling canggih di dunia tersebut.

Dalam kurun waktu dua tahun, penipu itu berhasil meyakinkan departemen finansial Google’ dan Facebook memberikan puluhan juta dolar untuk melakukan pembayaran. Hingga akhirnya perusahaan menyadari penipuan yang dilakukan Rimasauskas, dan penipu tersebut sudah berhasil mengeduk lebih dari US$ 100 juta dari hasil pembayaran.

Saat ini, Rimasauskas tengah menghadapi proses ekstradisi di Lithuania, Dirinya menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara lantaran didakwa dengan tuduhan penipuan online dan tiga tuduhan pencucian uang. Namun, Rimasauskas membantah dakwaan dari Departemen Kehakiman AS tersebut.

Masih beruntung bagi Google’ dan Facebook, uang hasil penipuan Rimasauskas tersebut sebagian besar masih dapat diselamatkan berkat kerja sama Departemen Kehakiman AS dan pihak berwenang internasional. (herman/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah