Pakades Kaserangan Percontohan Mendongkrak Minat Baca di Kabupaten Serang

mendongkrak minat baca

KABUPATEN SERANG – Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meluncurkan Pangkalan Baca Desa (Pakades) di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang sehingga targetnya untuk bisa mendongkrak minat baca siswa.

Dalam keterangan resminya, Pakades tersebut akan diproyeksikan di seluruh desa khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Serang.
Acara yang yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Tatu tersebut selaku Bupati langsung menghampiri untuk membacakan cerita dan membagikan buku kepada para siswa.

Menurut Tatu, mendongkrak minat baca atau literasi tidak hanya harus digiatkan di tingkat sekolah, tetapi juga di tengah masyarakat. Tatu pun ingin di semua desa punya perpustakaan yang bisa ditempatkan di kantor desa hingga pos keamanan lingkungan (poskamling).

“Pakades di Desa Kaserangan ini merupakan percontohan, walaupun kami tahu sudah banyak juga perpustakaan desa yang berdiri. Nanti semua desa harus punya Pakades,” ujarnya.

Ia berharap, Pakades yang sudah berdiri dikelola dengan baik dan mampu mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca buku.

“Apalagi Pakades yang baru diresmikan ini hasil kerja sama perusahaan yang punya niat baik meningkatkan dunia literasi,” ujarnya.

Kami harapkan nanti akan lebih banyak perusahaan yang mau bekerja sama menciptakan Pakades yang lain di Kabupaten Serang supaya bisa mendongkrak minat baca kepada masyarakat.

Untuk di tingkat sekolah, Kabupaten Serang sudah mulai menggiatkan literasi hasil kerja sama dengan USAID Prioritas. Bahkan atas keberhasilan meningkatkan literasi di sekolah, Tatu meraih Penghargaan Literasi Prioritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) awal 2017 lalu.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menambahkan, Pakades di Desa Kaserangan murni hasil kerja sama perusahaan tanpa mengeluarkan anggaran APBD Kabupaten Serang.

“Kami ingin mendorong kepedulian bahwa meningkatkan atau mendongkrak minat baca adalah kewajiban bersama. Semua bisa mengajak desa untuk membuat Pakades serupa,” ujarnya.

Menurutnya, ke depan akan terus kami upayakan terbentuk Pakades yang lain. Asep pun berharap, pemerintah desa di Kabupaten Serang juga berupaya menciptakan Pakades yang dalam pengelolaannya bekerja sama dengan Karang Taruna.

“Semua pihak harus diajak peduli dan bekerja sama membentuk Pakades. Target kami tentu semua desa punya Pakades,” ujarnya.(RA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan