Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sumringahnya Siswa SD Ini ketika dapat Sumbangan Buku Bacaan

0 79

buku bacaan anak sdSULSEL,PenaMerdeka – Usai belajar, Aprilia, Dana, dan teman-teman kelas 5 SDN 102 Makale 5 Tana Toraja, Sulawesi Selatan berhamburan mengambil buku bacaan di sudut kelas. Mereka nampak sumringah ketika mendapat kabar mempunyai banyak buku yang dibaca.

Mereka kemudian duduk santai membaca di lantai, kursi atau membawanya keluar kelas. Hari itu, para siswa sekolah tersebut mengetahui ada banyak pelajaran dan bacaan baru.

Buku bacaan sumbangan dari warga Toraja yang juga anggota komite sekolah yakni ibu Meri D Sintia.

Disebutkan bahwa sebulan sebelumnya, Kepala SDN 102 Makale 5 Tana Toraja YM Reata menyatakan pentingnya keterampilan literasi bagi siswa dan sekolah butuh bacaan yang bermutu untuk mendukung gerakan literasi tersebut.

Meri D. Sintia kemudian berjanji mengumpulkan bukubacaan dari relasi-relasinya dan nantinya bakal disumbangkan ke sekolah.

Dalam waktu singkat, ibu Meri ternyata mampu mengumpulkan yang diinginkan di sekolah tersebut. Buku tersebut menarik karena sesuai dengan usia anak. Jumlahnya 98 eksemplar.

Saat menyerahkan sumbangan, Ibu Sintia berjanji akan menghimpun kembali banyak buku dari relasi-relasinya demi menyumbangkannya kembali ke sekolah.

“Asal kelihatan dampak positifnya kami akan senang karena uku-buku tersebut diletakkan di sudut baca dan taman baca di sekolah,” ucapnya.

“Kita fokus letakkan buku bacaan di tempat-tempat tersebut, strateginya mendekatkan jenis bacaan pelajaran secara langsung dengan siswa,” ujar YM Reata Kepala SDN 102 Makale 5 Tana Toraja yang juga binaan USAID PRIORITAS di Tana Toraja.

Selama ini, USAID PRIORITAS telah mengenalkan beberapa strategi meningkatkan budaya baca di sekolah tersebut. Salah satu strateginya adalah mendekatkan buku bacaan dengan siswa.

“Upaya kita agar warga semakin semangat menyumbang buku ke sekolah,” ujar Reata.

Strategi tersebut dilakukan dengan membangun sudut baca di kelas, taman baca di lapangan sekolah, atau dinding baca yang biasa terletak di depan kelas. Dengan strategi tersebut, siswa akan terus menerus dekat dengan buku-buku dan tidak harus ke perpustakaan untuk membaca buku.

“Karena letaknya dekat, siswa akan teInirpapar terus menerus dengan buku,” ujar Bahar, District Coordinator USAID PRIORITAS untuk Tana Toraja , Sabtu (17/6).

Untuk meningkatkan jumlah buku, sekolah juga menggalang donasi buku dari alumni. Setiap bantuan buku dari komite, alumni atau dari warga ditulis dan dipajang di sekolah. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...