Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sampah di Orbit Bumi Menumpuk, Ilmuan Ciptakan Robot Pembersih

0 66

sampah di orbit bumi

CALIFORNIA,PenaMerdeka – Ilmuam Stanford University dan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang menciptakan robot agar membersihkan sampah di orbit bumi yang menumpuk. Mereka sedang mengembangkan robot penarik (gripper) agar meraih dan menyingkirkan kepingan sampah.

Robot ini memakai sistem penarik meniru kinerja jari-jari lengket pada cicak. Sama seperti petugas kebersihan di Jakarta (Pasukan Oranye), robot ini pun membersihkan sampah yang berada di ruang angkasa.

Dikutip dai laman Stanford University, “Ini pengembangan riset robot pemanjat yang kami buat 10 tahun lalu,” ujar Mark Cutkovsky, ahli rekayasa mekanika.

Sampah menumpuk sebanyak 750 ribu keping yang rata-rata buatan manusia, metal dan nonmetal berada di antariksa. Dengan kecepatan gerakan mencapai puluhan ribu kilometer per jam, manusia mengamcam keselamatan satelit, wahana antariksa dan para astronaut. Kondisi sekarang di lingkungan orbit bumi yang ekstrem membuat pembersihan sampah antariksa sangatlah sulit.

Penarik sampah menggunakan harpun atau senjata penombak akan memicu interaksi bahaya yang dapat membuat tumpukan sisa ini bergerak tak terkendali. Nah, robot ini pun menjadi harapan agar membersihkan sampah di orbit bumi yang semakin menumpuk. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...