Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ingin Kadar Gula Darah dan Kolesterol Normal ?, Kurangi Duduk 20 menit

0 58

Kadar Gula Darah dan Kolesterol

JAKARTA,PenaMerdeka – Pada penelitian mengungkapkan, mengurangi waktu duduk selama 20 menit dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh ilmuwan Finlandia yang menyatakan hasil penelitian untuk meneruni kadar gula darah dan kolesterol serupa juga terhadap metabolisme dan massa otot tubuh.

Dikutip dari Daily Mail, penelitian tersebut melibatkan 133 pekerja kantor yang sudah memiliki anak kecil. Responden dikasih konseling terkait dengan bagaimana cara mengurangi waktu yang dihabiskan untuk duduk dan meningkatkan aktivitas selama waktu bekerja dan waktu senggang mereka.

Tingkat aktivitas pun dinilai juga melalui perangkat yang telah dipasang di pinggang selama tujuh hari dalam seminggu selama masa penelitian. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui saat sedang duduk.

Selanjutnya, responden juga diminta mengurangi waktu duduk di kantor dan aktif di dalam waktu senggang. Hasilnya menunjukkan bahwa, ketika responden mengurangi kesibukan di kursi kerja selama 21 menit, sudah terjadi perubahan pada kesehatan mereka dan pula kadar gula darah dan kolesterol turun.

Penelitian yang dimuat pada jurnal PLOS One itu mempertontonkan, saat mengurangi waktu duduk 21 menit sehari bisa menurunkan penyakit tersebut dan bisa menyebabkan penyakit jantung. Tidak hanya itu, mengurangi waktu duduk 20 menit untuk berjalan kaki juga sangat memberikan manfaat membuat massa otot kaki lebih padat.

Dr Arto Pesola penulis utama peneliti dari Universitas Jyvaskyla di Finlandia, menuturkan, bahwa penelitian ini sangat menunjukkan mengurangi waktu duduk ditengah kesibukan lebih baik untuk kesehatan.

“Pada orang tua kesibuk ini pada mulannya mungkin berpikir, menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka lebih jauh dari latihan fisik yang mereka butuhkan sekali,” arto menegaskan.

“Namun, dengan ikut bermain bersama buah hati, mereka bisa mengurangi waktu duduknya dan menjadi contoh yang baik untuk anak-anak. Karena dengan cara mengurangi duduk bisa menuruni kadar gula darah dan kolesterol,” tambahnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...