Wakili Banten, SD An Nisaa Rebut 3 Piala Bergengsi Lomba GuDep Nasional

Lomba GuDep Nasional SD

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Kelompok Pramuka Sekolah Dasar (SD) An Nisaa setelah lolos seleksi dan menjadi wakil Propinsi Banten mengikuti Lomba GuDep (Gugus Depan) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Pangkalan Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2017 berhasil menggondol 3 peringkat juara sekaligus.

Dalam kejuaraan bergengsi Pramuka ini SD An Nissa yang beralamat di Jalan Jobang Raya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan nomor Gudep 03 195-03 196 berhasil memperoleh juara 3 Gudep Unggul, Juara I Festival Penggalang Ceria Putra, dan terakhir merebut Juara II Festival Penggalang Ceria Putri.

Lomba GuDep Nasional diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KemenDikBud) RI bekerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bertempat di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor, Jawa Barat, digelar dari Selasa (17/10/2017) hingga Sabtu (21/10/2017).

Dalam kesempatan lomba ini menyertakan 34 GuDep perwakilan dari provinsi se-Indonesia. Total ada sebanyak 21 orang murid yang dikirimkan dari SD An Nisaa yang terdiri dari 1 Kamabigus, 1 pembina putra, 1 pembina putri, 1 perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi, 1 perwakilan Kwarda, 8 Pramuka Penggalang putra, dan 8 Pramuka Penggalang putri.

Dalam kesempatan itu bertindak sebagai Kamabigus adalah Diana yang juga selaku Kepala Sekolah SD An Nisaa, Tangsel, Banten.

Lomba GuDep Unggul dan Festival Penggalang Ceria Pangkalan Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2017 menurut Diana Kepsek An Nisaa sejatinya buat menguatkan pembinaan tata kelola gugus depan tingkat SD dengan kegiatan-kegiatan yang kompetitif.

“Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pengelola Gudep yang telah mengelola hingga memiliki keunggulan,” ucap Diana.

Menurutnya, dalam Lomba GuDep sejumlah keunggulan yang di kelola di sekolah untuk bidang itu adalah sumber daya manusia, manajemen dan administrasi, dana, sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, dan kemitraan.

Karena itu, pemerintah harus bisa memonitoring implementasi kepramukaan di tingkat sekolah sebagai wadah Gudep. Nantinya kalau sudah terealisasi maka dapat membantu untuk membina karakter anak didik.

Bila latihan Pramuka diterapkan sesuai dengan program yang sudah ada konsisten, insya Allah akan membentuk karakter anak bangsa sesuai yg diharapkan pemerintah.

“Sebab dengan latihan rutin yang konsisten dan dijalankan dengan komitmen tinggi dari pembina dan mabigus, insya Allah akan melatih kebiasaan yang baik untuk dilakukan anak-anak setiap harinya. Harapan saya agar kegiatan yang bagus seperti Lomba GuDep ini bisa disosialisasikan jauh hari, tidak dadakan,” pungkas Kepsek Diana. (yoyo)

Disarankan
Click To Comments