HUT RI 76

Curug Munding, Hamparan Benang Putih yang Elok di Lebak Banten

LEBAK,PenaMerdeka – Terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata bagus di Banten yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur mendatang atau untuk sekedar membebaskan dari kepenatan aktifitas sehari-hari.

Diantara sekian banyak tempat wisata di Banten, Curug Munding merupakan satu destinasi air terjun yang sekarang mulai banyak dibicarakan dan dipromosikan, serta konon destinasi ini tengah dipersiapkan untuk menjadi salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Lebak, Banten. Jika penasaran wisata apa yang dimaksud simak terus info dari Penamerdeka.com .

Yaa, namanya adalah Curug Munding. Merupakan objek wisata yang berupa air terjun. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari dua kata, yakni Curug dan Munding.

Curug ini berarti air terjun sedangkan munding berarti kerbau. Jadi, jika hendak diartikan secara keseluruhan, Curug Munding ini berarti Air Terjun Kerbau. Dinamakan demikian karena konon dahulunya, berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar di atas curug ini terdapat kerbau yang berjalan namun kemudian terjatuh ke dasarnya.

Posisi Curug Munding yang ada di pelosok Kecamatan Gunung Kencana ini seolah menjadi alasan yang pas mengapa tempat ini belum terlalu diekspose. Meski demikian, bukan berarti tidak ada pengunjung sama sekali, karena faktanya curug ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Tebing yang menjadi landasan air untuk terjun ini tampak seperti agak melengkung namun jatuhan airnya justru melebar sehingga jika memperhatikannya kemudian, akan tampak seperti melihat kelambu putih yang dibentangkan. Apalagi saat volume airnya besar, kecantikannya akan tampak lebih maksimal.

Keindahan ini masih ditambah dengan suasana hutan yang masih hijau dan alami. Pastinya, siapapun yang berkunjung ke sini akan dibuat betah berlama-lama di curug ini.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kabupaten Lebak beberapa waktu yang lalu. “Kalau mau berenang, Bisa kok. Pengunjung bisa melakukannya di kolam yang ada di bawah air terjun,” katanya.

Lokasi Curug Munding
Nah, jika tertarik untuk mendatangi air terjun ini, bisa langsung menuju ke Desa Cicaringin, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten.

Akses Menuju ke Curug Munding

akses jalan menuju curug munding

Akses menuju lokasi air terjun bisa dikatakan ekstrem karena tikungan serta turunannya yang lumayan meminta konsentrasi. Memang kondisi jalannya sudah bagus, tetapi akan menemui adanya lubang di beberapa titik.

Jika jalanan tersebut adalah jalanan yang sepi mungkin tidak akan bermasalah, tetapi kenyataannya di jalanan menuju ke Curug Munding ini ada banyak kendaraan yang besar dan panjang biasa melintas dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Ketika masuk di Kecamatan Gunung Kencana, bisa mengikuti petunjuk arah yang ada ataupun bertanya pada penduduk sekitar mengenai jalan yang menuju ke Curug Munding.

Setelah berhasil menemukan area parkir untuk pengunjung, bisa memarkirkan kendaraan di sana, lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sekitar 200 meter kemudian akan menemukan tempat untuk membayar tiket masuk

Memasuki kawasan wisata ini diharuskan membayar sekitar Rp 3.000 untuk bisa menikmati pemandangan dan suasana di Curug Munding. Jika hendak ditinjau lebih jauh lagi, tidak perlu heran jika tempat wisata ini belum memiliki banyak pengunjung.

Selain karena memang kalah terkenal dengan Curug Putri, kondisi jalanan yang ekstrem juga menjadi salah satu alasannya. Namun, kondisi jalan ini tentu bukanlah masalah besar untuk anak muda yang cenderung menyukai tantangan. (yuyu)

Disarankan
Click To Comments