Jelang Pemilu, WNI Didata Ulang di 6 Negara

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia melakukan pendataan ulang kepada warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yaitu kepentingan pelaksanaan pemilu. Pendataan ulang sudah dilakukan terhadap para WNI di enam negara.

Pendataan ulang tersebut diungkap Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, Selasa lalu (19/12/2017).

Iqbal menjelaskan, bahwa pendataan ulang WNI di luar negeri adalah sebagian dari pengembangan sistem baru yaitu perlindungan WNI. Pendataan ulang, kata dia, sudah hampir rampung untuk kepentingan Pemilu.

“Itu sebagian dari sistem. Fase uji coba pasti dilakukan di enam titik perwakilan yakni di Den Haag-Belanda, Los Angeles-Amerika Serikat, Kairo-Mesir,  Kuala Lumpur-Malaysia, Davao-Filipina, dan Jeddah-Arab Saudi,” papar Iqbal.

Pendataan ulang WNI di luar negeri itu dimanfaatkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar pelaksanaan pemilihan umum mendatang nanti, baik itu pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) ataupun pemilihan presiden (pilpres).

”Database tersebut yang akan digunaan KPU untuk kepeentingan pemilu. Maret menjelang akan mulai pendataan untuk pemilihan dan tahun depan WNI dapat buat dokumen catatan sipil pada luar negeri,” akhir Iqbal. (riri/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan