BSNP: 2018, Siswa Sd Mulai Ikuti USBN

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Mulai 2018 mendatang, siswa SD akan siap mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Ada delapan mata pelajaran yang harus diujikan kepada siswa SD. 

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi membenarkan bahwa tahun depan 2018 mendatang para murid jenjang tersebut secara serentak akan mengikuti USBN.

Bambang menuturkan, pada 2017 USBN sudah mulai pada jenjang SMP, SMA, dan SMK kecuali di SD. Namun, Pada tahun ini juga, kata Bambang, ada ujian nasional, USBN, dan ujian sekolah. Sementara tahun depan, US akan diberhentikan.

“Pada tahun 2018 semua sekolah, mulai dari siswa SD sampai SMA dan yang tingkat sederajat melaksanakan USBN. Tak ada lagi ujian sekolah (US) sebab esensi USBN ialah ujian sekolah saja,” jelasnya di Jakarta.

Pada 2017 USBN jenjang sekolah menengah dan yang sederajat hanya menjadi mata pelajaran tertentu. Akan tetapi, untuk tahun depan, USBN akan mengujikan ke seluruh mata pelajaran, yang pelaksanaannya dilakukan di masing-masing satuan pendidikan.

Prosedur operasional standar (POS) USBN sudah ditetapkan oleh BSNP. Naskah soalnya pun terbagi atas dua pembuat. Pemerintah pusat, dalam hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menyediakan 20-25% naskah soal. Sementara 75-80% soal disiapkan guru-guru yang dikoordinasikan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan para Kelompok Kerja Guru (KKG).

Bambang menambahkan, mata pelajaran yang diujikan pada USBN siswa SD ada delapan pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, serta Pendidikan Agama. (uki)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.