Komunitas Muslim Diperkirakan Jadi Populasi Terbesar Kedua di AS

WASHINGTON,PenaMerdeka – Komunitas Muslim diperkirakan menjadi kelompok agama terbesar kedua di Amerika Serikat (AS) sesudah umat Kristen pada tahun 2040. Angka data perkiraan tersebut merupakan hasil penelitian Pew Research Center.

Menurut penelitian itu, pada tahun 2017 kemarin, ada 3,45 juta Muslim yang tinggal di AS. Jumlah tersebut mewakili sekitar 1,1 persen dari total populasi pada negeri Paman Sam.

Menurut kutipan dati Pew Research Centet, saat ini umat Yahudi melebihi jumlah umat Muslim sebagai kelompok agama terbesar kedua di AS. Namun diperkirakan akan berubah pada tahun 2040 yang menjadi komunitas muslim yang kedua.

Menurut penelitian tersebut, orang islam Amerika akan berjumlah 8,1 juta atau 2,1 persen dari populasi pada tahun 2050.

Menurutnya, jumlah pemeluk Islam di AS sudah berkembang sekitar 100.000 per tahun karena migrasi umat Islam dan tingkat kesuburan yang lebih tinggi di kalangan Muslim Amerika. Data tersebut diperoleh dari riset demografis dan survei.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Jum’at (5/1/2018), ”Sejak perkiraan pertama kami saat tahun 2007 jumlah populasi islam di Amerika sudah berkembang pesat sekali,” tutur laporan itu.

Sejauh ini, umat Kristen menjadi populasi terbesar di AS, yakni mewakili 71 persen populasi dan diperkirakan komunitas muslim akan menjadi populasi kedua ataupun pertama. (uki)

Disarankan
Click To Comments