Pilkada 2018, Banten Catat Terbanyak Calon Tunggal?

BANTEN,PenaMerdeka – Penyelenggaraan Pilkada 2018 yang hanya melibatkan calon tunggal dari informasi yang terhimpun hingga Rabu (10/1/2018) tercatat ada 19 pasangan calon. Penyelenggaraan Pilkada di Kota Tangerang serta Kabupaten Tangerang dan Lebak mencatat Provinsi Banten sebagai wilayah terbanyak untuk calon tunggal.

Seperti diketahui, kendati demikian kepastian jumlah calon tunggal masih bisa berubah karena KPU akan membuka kesempatan pasangan untuk mendaftar. Ada sebanyak 171 daerah di Indonesia yang akan menggelar pemilihan kepala daerah pada 27 Juni 2018 nanti.

Kata Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menyebutkan, potensi bakal calon tunggal untuk penyelenggaraan Pilkada 2018 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia ada di 19 daerah.

“Di Indonesa ada 19 daerah yang potensi calon tunggal. Salah satunya di Banten, itu ada 3, di Lebak, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Di Jawa Tengah ada 1, Karanganyar. Sulawesi utara ada 1, Minahasa Tenggara. Sumatera Selatan ada 1, di Prabumulih,” ucap Ilham kepada wartawan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018) kemarin.

Namun meskipun saat ini pada Pilkada 2018 sudah hampir dipastikan akan ada potensi calon tunggal di sejumlah daerah tetapi KPU tetap akan memberikan kesempatan pendaftaran. KPU akan memberikan waktu 3 hari untuk sosialisasi.

“Prinsipnya, tiga hari kami akan lakukan sosialisasi untuk partai yang belum dapat dukungan bisa mendaftar kembali. Kita sedang menyusun. Kalau tidak ada lagi paslon yang mendaftar baru kita tetapkan calon tunggal,” ungkap Ilham.

Sampai saat ini kata dia, pendaftaran Pilkada 2018 di wilayah timur Indonesia sudah ditutup, namun di wilayah tengah dan barat Indonesia masih ada kemungkinan berubah. Pendaftaran kepala daerah masih dibuka hingga pukul 24.00 WIB. (redaksi/tim)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan