Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mengintip Mobil Klasik Peninggalan Proklamator RI

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden RI pertama Soekarno dikenal sangat kharismatik dan memiliki selera seni yang tinggi. Tidak terkecuali dalam pemilihan mobilnya.

Mobil-mobil klasik ini menjadi saksi perjuangan Proklamator RI ini pada zaman kemerdekaan dan sudah sepatutnya dijaga, serta dirawat warisan mantan orang nomor satu di Indonsia tersebut.

Dari sekian banyak mobil yang pernah dikenakan Proklamator RI, hanya beberapa mobil favorit yang masih terawat dengan baik. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 10 mobil klasik peninggalan Soekarno:

1. Cadillac 48

Mobil ini merupakan mobil special edition karena hanya diproduksi 2 tahun, yakni tahun 1948 hinggu 1949. Mobil sedan empat pintu ini pernah menjadi koleksi Soekarno yang sangat legendaries itu.

Mobil yang menggendong kapasitas mesin 5.700 cc dan 5.400 cc tersebut dikenal dengan nama lain Cadilac Sixty Special karena menggunakan platform produksi tipe Series 60 dan tersedia juga versi transmisi matik.

2. Chaika GAZ 13

Mobil ini diproduksi antara 1959-1981 dan merupakan salah satu mobil pabrikan asal Rusia yang pernah digunakan sang Proklamator RI ini.

Chaika GAZ 13 dibekali mesin M13 5.5 L V8 yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 195 hp. Dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan.

3. Lincoln Cosmopolitan

merupakan mobil mewah pada waktu lampau yang diproduksi oleh perusahaan mobil Ford. Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan produksi generasi yang pertama.

Mobil klasik yang diproduksi pada 1948-1954 mengusung mesin 5.5 L V8 tenaga 152 hp. Pada waktu itu sudah berteknologi transmisi otomatis yang mendapatkan sokongan teknologi melalui General Motors.

4. Chrysler Crown Imperial

Kemungkinan besar apabila melihat pada bentuk grill dan bumper depan, Chrysler Crown Imperial koleksi Soekarno ini, diperkirakan diproduksi tahun 1962 sampai 1964. Namun ada yang menyebutkan dengan pasti buatan tahun 1963.

Tidak banyak informasi mengenai mobil tersebut. Namun, Anda dapat melihat beberapa mobil ini di Museum Angkut yang berada di Batu, Malang, Jawa Timur.

5. Buick 8

limited edition ini keluaran tahun 1938, merupakan mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang didapat dari hasil rampasan Jepang. Buick 8 Limited Edition kemudian menjadi tunggangan pertama Bung Karno sejatinya berasal dari mobil seorang Jepang yang mengepalai Djawatan Kereta Api dan dicuri seorang pemuda bernama Soediro.

Buick 8 menemani Soekarno sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sampai 1949. Memiliki mesin 8 silinder dengan kapasitas 5.247 cc Buick 8 hanya diproduksi hanya 1.451 unit di dunia.

6. Mercedez-Benz 600

Mobil mewah yang pernah menjadi salah satu koleksi Soekarno lainnya ialah Mercy 600. Diperkirakan Mercy ini tahunan 1960-an dan merupakan salah satu mobil terelit di zamannya.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, layaklah jika sang Proklamator menyandang mobil elit tersebut dalam mengemban tugas kenegaraan.

Mercy ini dilengkapi dengan mesin 6.3 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga 250 hp pada 4.000 rpm, sedangkan torsi puncak mencapai 500 Nm pada 2.800 rpm.

Mercedes-Benz 600 bertransmisi otomatis 4-percepatan. Bodinya yang panjang menggolongkan kendaraan tersebut ke dalam kelas limousine salah satu mobil klasik yang sempat dipakai Proklamator RI itu. (redaksi)

PDAM Tirta Benteng

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

tempus Donec vulputate, mattis adipiscing ut consequat. odio felis efficitur. amet,