Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Panwaslu Kabupaten Bekasi Ajak Masyarakat Pantau Pilkada, Pileg & Pilpres

0 90

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 serta Pilkada Jawa Barat 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bekasi, mengajak masyarakat berpartisipasi memantau jalannya proses untuk memilih Presiden, anggota legislatif dan kepala daerah tersebut.

Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) diharapkan agar masyarakat memanfaatkan proram Pojok Pengawasan di Panwaslu setempat.

“Itu berlaku untuk pemilihan legislatif, gubernur dan pemimpin daerah pada tingkat kota maupun kabupaten,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bachri, Senin, (26/2/2018).

Menurut dia pada pembentukan program itu memiliki fungsi utama sebagai ruang yang terbuka untuk masyarakat umum. Makanya ia berharap nantinya dapat lebih bermanfaat untuk mengawal proses pemilu khususnya Pilgub Jawa Barat yang akan digelar di tahun 2018 ini.

Hal ini juga dianggap penting lantaran dapat memiliki manfaat untuk menimba pengetahuan tentang aturan pemilu. Sebab menurut pihak Panwaslu memang perlu dilakukan terkait masyarakat yang sadar dengan aturan.

Selain itu, adanya Pojok Pengawasan yang dibentuk Panwaslu Kabupaten Bekasi bertujuan supaya menghilangkan anggapan buruk dapat berubah menjadi lebih baik.

“Harus ada kerjasama dan kesadaran bersama agar Pilkada 2018 dapat diawasi berjalan sesuai aturan perundang undangan,” ucap Saiful.

Ia menambahkan dalam upaya transparansi tersebut, masyarakat secara langsung dapat datang untuk melihat maupun mengkontrol kinerja Panwaslu.

“Kita tidak menutup-nutupi. Tetapi bila masyarakat menemukan adanya ‘permainan’ pada tingkat timses pemenangan, partai maupun panitia penyelenggara pemilihan (KPU,red) harap segera laporkan,” katanya tegas.

Tetapi pelaporan tersebut juga harus menyertakan bukti otentik yang valid agar nantinya dapat dipertanggungjawabkan.

“Juga supaya kami dari Panwaslu Kabupaten Bekasi dapat menindaklanjuti secara mendalam soal laporannya.”

Lanjut Saiful menjelaskan, program tranparansi kegiatan informasi pada Pojok Pengawasan Pemilu dari pihaknya akan terus dipebaharui dan disempurnakan secara sarana. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi secara berkelanjutan.

“Tetapi adanya program kerja Panwaslu Kabupaten Bekasi ini bukan menjadi baik kalau tanpa dukungan sumber daya yang mumpuni,” jelasnya. (ewwy/ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...