Gemar Olahraga Bisa Atasi Penurunan Kognitif Seseorang

JAKARTA,PenaMerdeka – Menurut penelitian terbaru terdeteksi bahwa gemar melakukan olahraga dapat membuat otak lebih muda karena dapat mengatasi penurunan kognitif.

Dan manfaat ini bisa dirasakan bagi kalangan orang tua yang rajin berolahraga dengan intensitas sedang saja sehingga memiliki penurunan daya kognitifnya hingga sebesar 36 persen.

Dikutip dari Time, tentang penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Medicine & Science in Sport & Exercise menyebutkan, artinya adanya penurunan kognitif seseorang disebabkan karena malas rutin berolahraga.

Disebutkan, jadi orang tua yang rutin melakukan olahraga, secara fungsi dan akan mempunyai memori otak lebih baik ketimbang yang tidak gemar melakukan olahraga.

Penelitian dilakukan kepada 6400 responden yang berusia 60 sampai 65 tahun dengan melacak aktivitas mereka selama satu Minggu. Dari hasil penelitian tersebut akhirnya dapat juga dapat kemampuan penurunan kognitif seseorang yang tidak berolahraga.

Dari hasil itu menunjukan orang tua yang melakukan aktifitas rutin sedang hingga tinggi cenderung tidak mengalami masalah kognitif.

Dan bagi mereka yang tidak melakukan aktifitas fisik sangat potensial lebih beresiko mengalami penururunan kognitifitas.

Selain dapat sehat pada tubuh, karena terbukti dengan olahraga mampu memperbaiki aliran darah ke otak dan merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan sel baru.

Melakukan olahraga terbukti juga dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti kronosabetes dan obesitas yang nantinya bisa merusak kesehatan otak.

Bahkan dengan olahraga bisa memperlambat penurunan kognitif atau penuaan otak hingga 10 tahun. (why)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah