Pasca Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Km

CIANJUR,PenaMerdeka – Bencana tanah longsor yang menghantam Puncak Pas, Kampung Puncak RT03/01, Desa Ciloto,  Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Rabu 28 Maret 2018 sekitar pukul 20.45 WIB semalam. 

Meski tidak menimbulkan korban jiwa dan luka, longsor mengakibatkan empat kilometer (km) Jalur Puncak ditutup sementara untuk kendaraan roda empat besar (bus dan truk) dan kecil (sedan dan minibus).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dicky Saromi mengungkapkan, longsor dipicu oleh hujan deras yang melanda Kabupaten Cianjur dan sekitaran jalur Puncak pada Rabu.

“Longsor semalam menyebabkan satu unit bangunan mess Kodam rusak berat dan jalan nasional Bogor-Cianjur tertutup. Tidak ada laporan korban jiwa dan luka akibat peristiwa tersebut,” imbuh, Kamis (29/3/2018).

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah menegaskan, longsor mengakibatkan Jalur Puncak ditutup hingga 4 kilometer (km). Penutupan dilakukan demi keselamatan dan keamanan para pengguna jalan. Sebelumnya, di lokasi longsor sedang dilakukan renovasi bangunan dan pembuatan bronjong, tetapi akibat guyuran hujan deras terjadi longsor.

“Longsor ini berkedalaman kurang lebih 40 meter dengan panjang 120 meter,” tutur Soliyah.

Soliyah menambahkan, pengalihan arus kendaraan sudah dilakukan dari Cianjur, yaitu dari simpang Hypermart. Sedangkan dari arah Bogor, penutupan sudah dilakukan di Riung Gunung.

“Saat ini, penutupan dilakukan di Pos Jabar 9 Ciloto, titik akhirnya di RM Bumi Akik. Masyarakat masih dapat berkunjung sampai dengan RM Bumi Akik, setelah itu jalur Puncak ditutup ke arah Bogor,” tambahnya. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang