Ingin Melancarkan BAB? Ini Makanannya

JAKARTA,PenaMerdeka – Sulit buang air besar atau BAB dapat mengganggu aktifitas Anda pastinya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara melancarkan buang air besar secara alami, sebelum menggunakan obat.

Konstipasi biasanya mempunyai ciri-ciri berupa kurang dari tiga kali per minggu, disertai tekstur tinja yang lebih kecil, kering, dan keras, sampai menyebabkan rasa sakit.

Ingin tahu caranya? berikut makanan yang sehat untuk melancarkan BAB dari PenaMerdeka.com yang sudah disiapkan untuk Anda;

Buah-buahan

Banyak buah yang mengandung tinggi serat, di antaranya buah apel yang baik dikonsumsi saat mengalami konstipasi. Kandungan serat buah utuh, tanpa dikupas kulitnya sekitar 5-6 gram. Begitu pula buah pir juga dapat diberikan sebagai cara kepada bayi, baik sudah diolah sebagai makanan atau dalam bentuk jus.

Sayur-sayuran

Contohnya sayur bayam yang mempunyai kandungan serat tinggi. Satu cangkir bayam bisa mengandung 4 gram serat. Tidak hanya itu, bayam juga merupakan sumber magnesium yang baik.

Biji-bijian utuh

Misalnya, sereal atau roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, serta juga beras merah. Jenis makanan ini tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sekaligus rendah lemak. Pastikan juga Anda mengecek label kemasan sebelum membeli. Ini dinilai sangat baik untuk mempelancarkan BAB. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan