HUT RI 76

Presiden Turki Kecam Keras Yarusalem Timur Ibukota Palestina

ANKARA,PenaMerdeka – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali bahwa Yerusalem Timur adalah Ibu Kota Palestina. Tetapi ada upaya untuk menjadikan kota ini sebagai Ibu Kota Israel.

Mengenai keputusan pemerintah AS memindahkan Kedutaan Besar mereka ke Yerusalem, Erdogan mengatakan 128 negara sudah memilih dengan jelas menentang keputusan ini di Majelis Umum PBB.

Presiden Turki menjelaskan, beberapa negara harus memilih agar sejalan dengan AS, karena mereka diberitahu untuk melakukan dengan imbalan bantuan keuangan yang diberikan kepada negara-negara itu.

“Yerusalem adalah di atas segalanya, Yerusalem timur ibu kota Palestina. Sebagai bagian dari dunia Islam, kami menerimanya sebagaimana adanya disana,” tegas Erdogan, Senin (14/5).

Mengutip dari Anadolu Agency Erdogan menuduh Israel menebar ketakutan di Timur Tengah dan mendorong wilayah untuk berperang. Sebelumnya ia menyebut negara Yahudi sebagai negara teroris, karena tak peduli dengan ulah kelompok teroris di kawasan.

Presiden Turki itu menyatakan Israel menggunakan agresi yang tidak perlu di Suriah. Kritik ini sebagai respons serangan rudal besar-besaran oleh puluhan jet tempur Israel di Suriah pada Kamis dini hari yang menewaskan 23 orang. (penamer)

Click To Comments