PDAM TB Kota Tangerang Bakal Layani Kebutuhan Air Bersih di 4 Kecamatan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – PDAM Tirta Benteng (TB), Kota Tangerang, akhirnya dapat membangun intake atau penampungan air baku, untuk penyaluran air bersih di zona dua, yang meliputi empat kecamatan di Kota Tangerang. 

Proyek hibah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane dengan investasi Rp14,4 Miliar tersebut, tidak termasuk instalasinya, pasalnya instalasinya bakal dibangun oleh Dinas Perkim Kota Tangerang, di kebaton, Mekarsari, Kecmatan Neglasari, Kota Tangerang.

Dirut PDAM TB Kota Tangerang Sumarya mengatakan, intake mempinyai Surat Izin Pengambilan Air (SIPA) di permukaan hinfga 1.000 liter perdetik, dan itakenya, bisa mencapai debit 1.500 liter air bersih per detik.

“Yang jelas dari 1.000 liter perdetik, peruntukan intake ini kita akan suplai ke zona dua. Ini terdiri dari Karawaci, Priuk, Jatiuwung, dan Cibodas,” papar Sumarya.

Sumarya menjelaskan, saat ini sada sekira 50.000 calon pelanggan PDAM TB Kota Tangerang, yang sudah terdaftar di zona dua. Zona ini tersebar di empat kecamatan, yakni Priuk, Cibodas, Karawaci dan Jaituwung.

“Mungkin tahun depan akan dibangun pipanya, jaringannya, dan mulai dapat disalurkan ke zona dua. Saat ini, air tanah sudah tidak menjadi andalan bagi masyarakat,” tambah Sumarya.

Kepala Humas PDAM TB Ichsan Sodikin menambahkan, kualitas dan kuantitas hal ini di Kota Tangerang, sebenarnya sudah sangat berkurang. Sementara ini menjadi keniscayaan bagi warga untuk beralih ke air bersih.

“Total pelanggan PDAM yang terpasang sudah 43.000 pelanggan. Itu untuk di zona satu. Tahun ini, kita akan menargetkan pelanggan baru 17.000 di zona satu. Karena zona dua tengah dalam proses,” jelasnya.

Setelah pembangunan selesai, maka pihaknya bakal melakukan pemasangan pipa-pipa untuk instalasi penyaluran ke zona dua. Menurutnya, untuk yang dibutuhkan bisa memakan waktu setahun.

“Kami ingin memberitahukan, bahwa pelayanan air bersih PDAM TB Kota Tangerang selama Ramadhan ini bisa berjalan seperti biasa. Begitu pula dengan keluhan pelayanannya,” tutupnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah