HMI Tangerang Gelar Aksi Bela Aktivis Buntut Dugaan Refresif Polisi

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Tuntut penyelesaian tindakan kekerasan yang menipa anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Jakarta, puluhan aktivis HMI Tangerang Raya menggelar aksi unjuk rasa, di Mapolres Metro Tangerang Kota.

Dalam aksinya mereka meminta tindakan polisi harus sesuai dengan slogan mengayomi, melayani dan melindungi.

Abdul Muyi, koordinator aksi mengatakan, unjuk rasa HMI Tangerang merupakan buntut dugaan tindakan represif oknum kepolisian terhadap tujuh kader HMI Cabang Jakarta hingga mengalami luka dan patah tulang.

“Ini aksi solidaritas kami dari HMI Cabang Tangerang Raya atas peristiwa kemarin tanggal 21 Mei 2018, teman kami menggelar aksi di Istana Negara Jakarta. Di sana telah terjadi dugaan pemukulan nggota Polri ke teman kami,” terang Abdul, Jumat (25/5/2018).

Kawan HMI Tangerang Raya itu juga menyampaikan sejumlah tuntunan melalui orasi, membentangkan tulisan protes dalam spanduk serta melakukan teatrikal kekerasan.

“Kawan-kawan kami disana hanya ingin membakar ban, tetapi kenapa dilakukan semena-mena oleh pihak kepolisian. Kami meminta polisi berlaku adil, meminta maaf, meminta Polri dan Komnas HAM untuk mengusut tuntas kasus ini,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, jika desakan tersebut tak diindahkan, kader HMI Indonesia bakal kembali turun ke Istana Negara untuk meminta Jokowi mundur.

“Kami juga mendesak kepolisian harus meminta maaf kepada seluruh kader se-nusantara, bahwa ini tindakan diluar kemanusiaan. Polisi yang seharusnya mengayomi, melindungi tapi malah menginjak-injak,” ungkapnya.

Sementara Kombes Pol Harry Kurniawan, Kapolrestro Tangerang Kota saat menemui para aktivis HMI Tangerang Raya mengatakan, jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh anggota Polri saat melakukan pengamanan aksi demo HMI di Jakarta, nantinya akan dikenakan sanksi.

“Terkait tindakan aparat kepolisian saat aksi di Jakarta, kami prinsipnya mendukung penegak hukum karena internal kami juga ada pengawasan. Jadi kita percayakan semuanya kepada penegak hukum,” tandas Harry. (aputra/hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah