Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Perubahan Status Panwaslu ke Bawaslu Kota Tangerang Ditetapkan Agustus

0 144

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu disebutkan akan merubah status Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Begitu juga dengan Panwaslu Kota Tangerang, pasalnya UU yang disyahkan Agustus 2017 lalu itu dengan sendirinya menjadi Bawaslu Kota Tangerang.

Diketahui, UU itu juga memberi banyak penguatan bagi lembaga pengawasan dalam mewujudkan pengawasan pemilu yang berkualitas.

Agus Muslim, yang saat ini menjabat Ketua Panwaslu mengatakan, pada Agustus 2018 mendatang, Panwaslu Kota Tangerang akan naik status menjadi Bawaslu Kota Tangerang.

“Panwaslu berubah menjadi Bawaslu, secara depenitifnya di bulan Agustus 2018, maka kami berharap nantinya prosesnya bisa berjalan lancar, kami juga meminta dukungannya dari rekan-rekan media,” terang Agus usai acara Bukber dengan PWI Kota Tangerang, Kamis (31/5/2018) malam.

Dia melanjutkan, dengan hadirnya Bawaslu Kota Tangerang ke depan akan menjadi lembaga pengawasan pemilu permanen. Artinya proses jalannya demokrasi di Kota Tangerang prospek bisa berjalan lebih baik.

“Banyak perbedaan, jumlah komisioner yang tadinya ada tiga, nantinya akan ditambah dua. Maka akan menjadi lima dan yang baru nantinya akan ada seleksi ulang dari Bawaslu, sedangkan untuk yang lama hanya dilakukan evaluasi saja,” jelasnya.

Lebih dalam kata Agus, meski ada kenaikan status menjadi Bawaslu Kota Tangerang, sinergi dengan media akan tetap berlanjut, agar lembaga ini tetap profesional, independesinya dan eksistensinya.

“Agar kami bisa lebih memberikan yang terbaik kepada masyaralat, karena Bawaslu konteknya menjaga hak pilih warga yang harus di kedepankan, bisa lebih mengakan aturan Demokrasi secara maksimal,” ucapnya.

Sehingga tandas Agus Bawaslu Kota Tangerang kedepan lebih memiliki fungsi kontrol serta bisa menyampaikan informasi tentang kepemiluan yang baik kepada masyarakat. (aputra/hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...