Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ini Manfaat Kesehatan Rutin Sikat Gigi

0 131

JAKARTA,PenaMerdeka – Peneliti kembali menemukan manfaat terbaru sikat gigi. Tidak hanya membuat gigi menjadi bersih dan terbebas dari masalah kesehatan mulut. Kegiatan ini juga dapat mencegah pikun atau penyakit demensia.  

Penelitian yang dilakukan University of Southern California telah membuktikannya. Untuk mereka yang tidak rajin secara rutin berisiko 22 sampai 65% lebih besar mengidap demensia dibandingkan mereka yang menyikat giginya 3 kali sehari.

Mengutip dari Reader’s Digest, peneliti menduga sikat gigi disebabkan oleh peradangan dini. Co-author Let Them Eat Dirt, Brett Finlay mengungkapkan keduanya berkaitan dengan kondisi inflammaging, kondisi kronis yang minim aktivitas sistem imun melindungi tubuh.

Saat bakteri jahat sudah berkembang biak di gusi, racun yang dikeluarkan bakteri menyebabkan sebuah peradangan pada gusi. Peradangan ini bakal mempengaruhi seluruh tubuh hingga memicu demensia dan penyakit jantung.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa apabila kegiatan ini dilakukan secara rutin bisa mencegah terjadinya peradangan kecil di gusi sehingga otomatis terhindar dari demensia.

Demensia merupakan kondisi dimana terjadinya penurunan fungsional yang terjadi ke otak. Kondisi seperti ini mempengaruhi seseorang terhadap cara berpikir dan berinteraksi dengan masyarakat, nah dengan sikat gigi hal ini dapat diatasi. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...