Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tinggal di Dataran Tinggi Hambat Penumbuhan Tulang?

0 164

JAKARTA,PenaMerdeka – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tinggal di dataran tinggi dapat menghambat pertumbuhan tulang di mana orang lebih cenderung mempunyai lengan bagian bawah yang relatif lebih pendek.

Namun hal ini tak berpengaruh pada panjang lengan bagian atas yang sama dengan mereka yang tinggal di dataran rendah.

Mengutip dari Indian Express, hal ini disebabkan lantaran dataran tinggi memiliki kadar oksigen yang lebih rendah sehingga bisa menghambat efisiensi konversi makanan menjadi energi pada tubuh.

Akibatnya, tubuh tak mendapatkan nutrisi yang diubah menjadi energi untuk tumbuh kembang. Di tempat seperti ini pula pasokan makanan juga lebih sedikit karena tanaman sulit tumbuh.

“Temuan menunjukkan tubuh manusia memprioritaskan beberapa anggota tubuh agar dapatkan nutrisi dan energi. Sebaliknya, ada yang dikorbankan (umumnya lengan bawah) sehingga kekurangan pasokan dan tak tumbuh dengan baik,” terang Stephanie Payne peneliti dari Universitas Cambridge.

“Tubuh bisa memprioritaskan pertumbuhan penuh tangan karena itu penting untuk ketangkasan manual, sementara panjang lengan atas sangat penting untuk kekuatan,” lanjutnya.

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis 250 responden yang termasuk dalam populasi Sherpa Himalaya. Peneliti membandingkan data itu dengan kelompok Tibet yang secara genetis mirip dan hidup di dataran rendah Nepal.

Namun, para peneliti masih sangat belum yakin mekanisme biologis di baliknya. Soal temuan dataran tinggi, peneliti mempublikasikannya dalam jurnal Royal Society Open Science. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...