Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ucup Kobra: Akar Bahar, Warisan Budaya Leluhur Ciri Khas Jawara Nusantara

0 613

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Aksesoris dari akar bahar baik dalam bentuk cincin maupun gelang sering dicirikan sebagai perhiasan yang selalu dipakai para jawara.

Pasalnya, cincin maupun gelang bahar ini banyak dipakai oleh orang yang mempunyai ilmu bela diri tradisional dan sering diidentikan dengan hal-hal mistis.

Supriyadi penjual aksesoris gelang bahar saat ditemui pada acara Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB) di Kecamatan Larangan Kota Tangerang mengatakan, akar bahar merupakan golongan hewan laut yang masuk ke dalam keluarga Anthozoa, yang bentuknya menyerupai tumbuhan dasar laut.

“Biasanya ditemukan di kedalaman 10-200 meter di bawah permukaan laut, yang ngambil juga orang-orang khusus seperti nelayan dan penyelam yang sudah jago,” katanya kepada Penamerdeka.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu aksesoris yang terbuat dari akar bahar ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

“Manfaatnya banyak bisa menyembuhkan encok, rematik, bisa mengembalikan vitalitas tubuh, belum manfaat dari hal-hal mistiknya,” terang pria yang biasa di panggil Ucup Cobra ini.

Ucup juga mengatakan, dijual dengan harga berkisar 50-700 ribu, pecinta perhiasan dari akar bahar ini berasal dari semua komunitas budaya.

“Aksesoris ini memang diidentikan dengan kejawaraan, tapi jawara Banten, atau bukan bukan hanya di betawi saja. Sunda, jawa atau lainya juga ada jawara.”

“selain jualan di sini, saya juga jualan lewat online. Alhamdulillah pembelinya sudah dari sabang sampai merauke,” katanya.

Ucup menegaskan, aksesoris dari akar bahar adalah warisan leluhur yang harus dijaga untuk mempertahankan budaya.

“Para leluhur dari dulunya juga sudah pakai bahar, mungkin ini untuk generasi muda agar mempertahankan budayanya, supaya ada ciri khas masih menjaga budayanya,” pungkasnya. (ari/putra/hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...