Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Wow, Astronom Berhasil Abadikan Lahirnya Planet Baru!

0 348

JAKARTA,PenaMerdeka – Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil mengabadikan lahirnya planet baru yang mulai berjarak 370 tahun cahaya dari Bumi.

Momen ini ditangkap langsung Para ilmuwan di Max Planck Institute, yang bekerjasama dengan Very Large Telescope di Southern Southern Observatory, Chile.

Awalnya, lahirnya planet baru ini tidak bisa ditangkap dengan jelas lantaran terhalang oleh selimut debu, batu dan gas yang mengelilinginya. Momen ini berhasil diabadikan saat sebuah benda langit ini keluar dari jalur cakram debu yang mengelilingi bintangnya.

Mengutip dari The Varge, benda ini terlihat seperti cahaya terang dan ditengahnya terdapat bagian berwarna hitam. Diketahui, benda ini berjulukan PDS 70b dan diperkirakan hanya berusia 5,4 juta tahun.

Untuk mendapatkan potretan gambarnya, astronom mengenakan instrumen untuk menghalangi cahaya dari planet, yang biasa dikenal sebagai coronagraph. Namun, coronagraph memungkinkan melihat dan mengambil gambar.

Teknik ini dinilai membantu para astronom mengetahui bahwa benda langit ini 22 kali lebih jauh dari bintangnya.

Dibanding jarak Bumi dan juga Matahari, ini dan bintangnya lebih mirip dengan jarak antara Matahari dan Uranus. Tetapi, planet ini lebih panas dari pada Uranus ataupun lainnya di Tata Surya.

Meski banyak meragukan mengenai keaslian dari gambar dan apa benar itu ialah benda baru bukan hanya sekedar bintang, André Müller, seorang peneliti

Max Planck yang memimpin tim mengungkapkan mereka berharap mendapatkan beberapa wawasan tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk benda ini terbentuk dan proses apa yang diperlukan untuk membentuk.

“Dengan data dan pengamatan kami di masa mendatang nanti, kami bakal dapat lebih baik mengkarakteristikan sistem dan belajar lebih banyak dengan lebih detail tentang planet baru ini,” pungkasnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...