Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Begini Cara Aman Konsumsi Daging Kambing Usai Idul Adha

0 145

JAKARTA,PenaMerdeka – Beragam olahan daging kambing mulai sate, gulai sampai dengan sop selalu tersedia saat Hari Raya Idul Adha.

Nahasnya, di balik rasanya yang begitu lezat, namun banyak yang merasa khawatir menyantapnya lantaran dapat memicu kolesterol hingga darah tinggi.

Kendati demikian, tidak perlu risau. Pasalnya, Anda tetap bisa aman mengonsumsi daging jenis hewan ini asalkan diolah dengan cara yang sangat tepat.

Selain itu perhatikan juga pemilihan daging kambing sebelum mengolahnya supaya tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

“Pilih yang lemaknya sangat rendah, misalnya bagian paha. Hindari yang banyak lemaknya,” jelas dr Em Yunir, SpPD-KEMD.

Saat merebus, sebaiknya membuang air rebusan. Pasalnya, dari air ini dinilai sangat mengandung banyak lemak yang tidak sehat apabila dikonsumsi.

Pastikan pula cara mengolahnya dengan tepat seperti membakar dibandingkan menggoreng daging.

“Waktu di rebus lemaknya keluar yang putih di permukaan air. Nah, itu yang di buang. Pilih yang di bakar saja. Kalau digoreng minyaknya kam masuk (ke makanan), kalau dibakar minyaknya pasti keluar. Ingat, bakarnya jangan sampai gosong,” paparnya.

Hal yang tidak kalah penting agar diperhatikan supaya aman mengonsumsinya adalah harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan kaya serat tinggi.

“Misalnya, sayuran dan juga buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti apel, anggur, pir serta stroberi untuk daging kambing. Perhatikan pula nilai yang ada kalori dibutuhkan tubuh dan kalori pada makanan,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...