Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kehabisan Dana, PBB: Jalur Gaza Krisis Bahan Bakar dan Obat-obatan

0 93

NEW YORK,PenaMerdeka – Perserikatan Bangsa Bangsa kehabisan dana membeli bahan bakar yang diperlukan untuk mengoperasikan rumah sakit, pabrik air, dan serta fasilitas penting lainnya di Jalur Gaza. Hal itu dikatakan langsung oleh Roaemary Di Carlo, Kepala Politik PBB.

Melansir dari AFP, Kamis (23/8/2018), Di Carlo juga menyatakkan kepada Dewan Keamanan bahwa eskalasi kekerasan baru-baru ini antara Israel dan militan Palestina mengancam bakal menjatuhkan Gaza ke dalam perang.

Dewan Keamanan mengadakan pertemuan bulanan soal konflik Israel-Palestina saar PBB bekerja dengan Mesir untuk menangani krisis kemanusiaan di Gaza dan menghentikan kekerasan dan krisis bahan bakar.

“Kami sangat prihatin bahwa pendanaan darurat PBB, yang menopang sekitar 250 fasilitas penting di Gaza kini sudah habis. Kami meminta dana USD4,5 juta agar memastikan layanan penting itu berjalan untuk sisa tahun ini,” serunya.

Wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan politik itu juga menyuarakan keprihatinan ini atas pasokan obat-obatan esensial yang hingga kini sangat terbatas setelah 40 persen stok obat-obatan benar-benar habis.

Gaza sudah menyaksikan gelombang kekerasan sejak aksi protes warga Palestina yang dimulai pada bulan Maret lalu dan dihadapi dengan senjata oleh Israel, serta menewaskan 171 orang.

Utusan PBB Nickolay Mladenov dan pejabat Mesir juga telah berusaha untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas, yang memerintah Gaza. Kedua belah pihak ini sudag tiga kali terlibat peperangan sejak 2008.

Di Carlo menyerukan kepada semua pihak untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan, bahan bakar serta obat-obatan mencapai Gaza. Ia mendesak Hamas agar memberikan informasi tentang warga negara Israel yang ditahan di jalur itu. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...