Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ini Petolongan Pertama yang Dilakukan untuk Atasi Kram Otot

0 184

JAKARTA,PenaMerdeka – Pada umumnya, kram otot atau dalam istilah dunia medis adalah Idiopatik disebabkan oleh beberapa faktor.

Beberapa kondisi yang berisiko menyebabkan terjadinya adalah kondisi otot yang lelah. Mulai penggunaan kontraksi yang tiba-tiba (kurang pemanasan dan peregangan), serta gangguan sirkulasi darah.

Hal ini bisa terjadi oleh siapa saja baik atlet ataupun non atlet. Oleh karena itu, setiap orang harus mengetahui pertolongan pertama apabila terjadi.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika mengalami kram otot yang sudah disiapkan oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

1. Berjalan

Dengan berjalan bisa mengirimkan sinyal bahwa perlu berkontraksi dan bersantai. Selanjutnya, pijat pada bagian tubuh yang mengalaminya secara rutin.

2. Perbanyak minum

Perbanyak minum juga bisa membantu mengatasi hal seperti ini. Meski membutuhkan waktu lama untuk meredakannya, tetapi usai mengonsumsi air atau minuman yang mengandung elektrolit, bakal segera teratasi.

3. Hentikan aktivitas

Hentikan aktivitas apabila sudah terjadi. Selanjutnya regangkan dan berikan sedikit pijatan secara perlahan dan juga lembut.

4. Rendam air hangat

Cara yang terakhir, taburi kain basah dengan garam, letakkan pada bagian tubuh yang kram sambil memberikan tekanan secara perlahan saja. Selain itu, garam juga dapat ditambahkan pada air hangat dan rendam bagian tubuh.

Hal seperti ini kerap dilakukan para pelatih dan juga ahli terapi fisik. Di mana penggunaan magnesium pada luar tubuh dalam bentuk garam epsom atau garam yang mengandung magnesium dan sulfur dapat mengatasi kram otot. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...