Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Iran Gelar Latihan Perang di Selat Hormus Sengaja Ganggu Distribusi Minyak AS

48

TEHERAN,PenaMerdeka – Untuk memberikan ancaman kepada Amerika Serikat (AS), Iran menggelar latihan perang besar-besaran di kawasan Teluk Persia.

Manuver di dekat Selat Hormuz itu sengaja ditunjukkan kepada Washington bahwa Teheran bisa menutup selat itu untuk menghentikan pengiriman minyak dunia.

Tidak hanya latihan perang, Teheran juga pernah mengancam bakal menutup Selat Hormuz usai Washington memulihkan sanksi larangan ekspor minyak Iran yang efektif berlaku mulai (4/10/2018) mendatang.

Teheran sudah mengancam akan mengambil langkah-langkah militer untuk memblokir ekspor minyak dari negara lain, termasuk sekutu AS di Timur Tengah melalui Selat Hormuz apabila ekspor minyaknya diganggu.

“Apabila musuh dan kekuatan arogan mengawasi perbatasan dan tanah (Republik) Islam Iran, mereka akan menerima balasan yang berdebar dalam sepersekian detik,” terang Kolonel Yousef Safipour, pejabat Militer Iran.

Melansir dari Reuters, ia menjelaskan, Iran mempunyai berbagai kemampuan angkatan laut yang kredibel. Hal itu bisa menutup jalur laut untuk sementara waktu.

Iran melakukan latihan perang besar-besaran dengan melibatkan 600 kapal angkatan laut. Jumlah kapal itu kemungkinan termasuk kapal serangan cepat Iran ataupun speedboat militer yang sudah mempermalukan kapal AS di masa lalu. (uki/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...