Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Timsel: Kasus Pelaporan Komisioner KPU Tangsel ke DKPP Jadi Perhatian

BANTEN,PenaMerdeka – Tim Seleksi (Timsel) untuk komisioner di KPU Kota Tangerang, Kota Serang dan Kabupaten Serang menyusul adanya kasus komisioner di KPU Tangsel yang dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengaku tetap menjadi perhatian pihaknya.

Menurut Nana Subana anggota Timsel untuk calon komisioner KPU di tiga wilayah yakni Kota Tangerang, Kota Serang dan Kabupaten Serang juga sudah membuka ruang laporan untuk masyarakat kalau ada calon yang disinyalir melanggar ketentuan atau tidak memenuhi syarat.

Menurutnya nanti Timsel akan memproses dan memverifikasi nama yang dilaporkan masyarakat supaya tidak akan masalah di kemudian hari.

“Kami sejak awal sudah membuka laporan kepada masyarakat jika ada calon anggota KPU ditenggarai tidak sesuai yang disyaratkan,” ucap Nana dihubungi penamerdeka.com, Sabtu (27/10/2018).

Tidak hanya itu saja, Timsel juga saat ini tetap menelusuri soal riwayat atau track record calon-calon yang sudah masuk terdaftar untuk menjadi komisioner KPU.

Diakuinya bahwa meskipun dalam Timsel melakukan tahapan rekrutmennya menangani tiga wilayah disebut tidak terlalu sulit. Pasalnya karena tim sudah terbiasa melakukan tahapan seleksi komisioner.

“Kami memang merespon kasus itu. Kami mendengar adanya anggota KPU Tangsel yang dilaporkan ke DKPP. Memang dilaporkannya bisa jadi setelah proses di Timsel dan fit and proper testnya selesai,” ucap Nana.

Disebutkannya, bahwa Timsel yang tergabung berbeda dengan yang terdahulu meskipun dari 5 orang yang tergabung saat ini ada sejumlah nama yang kembali masuk lagi.

Kata Nana, untuk tahapan tes wawancara ada sebanyak 25 calon dari tiga wilayah tersebut. Untuk tes wawancara KPU Kota Tangerang pada tanggal 30 Oktober, KPU Kota Serang 31 Oktober dan untuk Kabupaten Serang pada 1 September 2018.

“Jadi setiap pelaksanaan tes wawancara kota dan kabupaten terpisah waktunya. Masing masing sudah ditentukan tanggalnya,” ucapnya.

Dari 25 orang calon setiap kabupaten dan kota nantinya setelah dilakukan tes wawancara akan mengerucut menjadi 10 nama calon saja. Masing-masing 10 kandidat dari Kota Tangerang serta Kabupaten Serang dan Kota Serang akan diserahkan ke KPU-RI mengikuti fit and proper test. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...