Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bawaslu Banten Sebut Kalau Seleksi Komisioner KPU Bukan Tupoksinya

BANTEN,PenaMedeka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten dalam tahapan seleksi anggota KPU di kota dan kabupaten di Banten yang sekarang sedang berlangsung menyebut bukan sebagai tupoksinya untuk melakukan pengawasan.

Sejumlah pengamat sebelumnya meminta agar proses seleksi yang sedang berlangsung untuk 5 komisioner di masing-masing KPU Kota Serang, Kabupate Serang serta Kota Tangerang dapat menghasilkan penyelenggara yang berkualitas dan independen.

“Kami dalam aturannya hanya mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu. Kalau buat seleksi calon komisioner KPU bukan tahapan pemilu, itu rekrutmen. Jadi bukan kita,” kata Didi M Sudih, Ketua Bawaslu Provinsi Banten dihubungi penamerdeka.com, Sabtu (27/10/2018).

Menurutnya hingga ke Bawaslu di kota dan kabupaten tidak ada sifat pengawasan dalam proses seleksi komisioner untuk KPU di seluruh wilayah di Banten.

Terkait adanya kasus yang menimpa salah seorang komisioner di KPU Kota Tangsel yang sudah melewati proses seleksi kata Didi menyebutkan lantaran sebelumnya ada laporan dari masyarakat.

“Karena ada laporan, memang laporannya ke Bawaslu. Tapi sekarang kasusnya sudah disidangkan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” ucapnya.

Dengan acuan praduga tak bersalah semuanya kami serahkan kepada putusan sidang di DKPP. Didi menerangkan bahwa proses tahapan pidana dan lainnya juga bukan merupakan wewenangnya.

“Persoalan yang dilaporkan soal etik komisioner sebagai penyelenggara pemilu karena diduga masih menjadi salah satu pengurus partai,” ucapnya.

Maka itu dalam proses seleksi untuk KPU di Kota Tangerang, Kota dan Kabupaten Serang periode 2018-2022 sejatinya kata Didi masyarakat bisa langsung melaporkan jika diindikasikan ada pelanggaran dalam proses seleksi komisioner di Timsel.

“Sebaiknya masyarakat bisa melaporkan langsung. Karena sekarang masih dalam proses seleksi di Timsel komisioner sebelum masuk 10 besar yang nanti di proses di KPU-RI,” tandasnya. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...