Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Di Tangsel Soal Perbawaslu RT/RW Jadi Timses Caleg, Ini Penjelasan Airin

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Di Perhelatan Pemilu 2019 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau kepada Ketua RT dan RW tidak menjadi tim sukses (Timses) calon legislatif (Caleg). Dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) RT/RW juga dilarang mengkampanyekan partai peserta pemilu 2019.

Menurut Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan, pihaknya sudah memberikan surat kepada jajaran RT/RW menyusul adanya Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 soal larangan keberpihakan pengurus RT/RW di Pileg dan Pilpres 2019.

“Kami (Pemkot, red) memang sudah memberikan surat juga setelah adanya Perbawaslu RT/RW itu,” kata Airin ditemui PenaMerdeka.com, Sabtu (3/11/2018).

Nantinya akan kami cek lagi apakah sudah sampai atau belum ke RT/RW yang secara langsung sebagai pihak bersangkutan. Apakah sudah sampai ke tingkat Kelurahan atau atau telah dikantongi para RT dan RW. Karena surat himbauan itu langsung dari Sekretaris Daerah (Sekda).

“Kalau urusan itu ke Pak Sekda. Tapi nanti saya cek lagi,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa soal edaran itu setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih dan dipilih. Maka Perbawaslu RT/RW itu memang harus dikaji supaya lebih enak di jalankan di tingkat RT dan RW.

Dalam setiap Pemilu masyarakat harus mempunyai hak dan kita harus memberikan hak demokrasinya. “Mas juga kan punya hak juga untuk memilih dan dipilih. Ini juga kan pestanya demokrasi untuk rakyat,” tandas Airin. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...