Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemprov DKI Bakal Jadwal Ulang Simulasi Jalan Berbayar

0 13

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadwal ulang simulasi pelaksanaan sistem jalan berbayar atau Electric Road Pricing (ERP). Melalui uji coba ini Pemprov DKI ingin pastikan pemenang tender ERP.

Sigit Wijatmoko, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta mengatakan, tercatat ada tiga perusahaan yang lolos persyaratan tender ERP dan siap simulasi.

“Untuk kepastian, pemenang tender bakal diputuskan bulan depan. Semoga saja bulan November ini dapat dilakukan simulasi ulang,” terang Sigit, Jum’at (22/11/2018).

Sebelumnya, simulasi ERP dijadwalkan dilaksanakan 14 November 2018 lalu. Namun, server di Lembaga Penanganan Secara Elektronik (LPSE) down sehingga simulasi terpaksa diundur. Nantinya, sebanyak 205 kendaraan diuji coba pada sistem ini.

“Ada 205 kendaraan yang nantinya akan diuji cobakan. Semuanya ini nanti akan berjalan untuk dibaca sistem. Yang tak masuk dalam simulasi ini penegakan hukum elektronik,” tegas Sigit.

Pihaknya juga sudah menentukan Jalan Medan Merdeka Barat sebagai lokasi simulasi. Dipilihnya ruas jalan tersebut lantaran dianggap cocok dengan kondisi lalu lintas Jakarta dan konsisten kepadatannya.

“Kalau di tempat yang lain kami lihat ada banyak kendala, salah satunya masih diberlakukan pembangunan trotoar dan proyek lain. Ini pastinya akan menghambat,” jelasnya.

Meski nantinya diuji cobakan di Medan Merdeka, tetapi pemasangan ERP akan meliputi sejumlah ruas jalur protokol Jakarta, mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Rasuna Said dan beberapa ruas jalan lain.

Sigit menambahkan, diperlukan simulasi untuk mengetahui kapasitas dan kemampuan sistem ERP untuk diaplikasikan di jalanan yang ada Jakarta.

Untuk itu, pihaknya bakal memberikan catatan mulai kerja sistem, server, kemampuan alat membaca kendaraan, hingga dengan pembayaran. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...