Helmy Halim ads

Tuna Sirip Biru Ini Laku Rp44 Miliar di Pasar Tokyo

0 308

TOKYO,PenaMerdeka – Entrepreneur sushi Jepang Kiyoshi Kimura membayar seekor ikan tuna sirip biru yang raksasa dengan harga sebesar USD3,1 juta atau jika diperkirakan Rp44 miliar di pasar ikan baru Tokyo.

Pasar itu menggantikan pasar lama Tsukiji. Lelang di pasar baru dilakukan pada fajar pertama lelang Tahun Baru. Harga penawaran berhenti saat nilai 333,6 juta yen atau RP44 miliar untuk ikan tuna seberat 278 kg itu.

Ikan tuna tersebut berasal dari spesies yang terancam punah dan tertangkap di pantai utara Jepang.

Kimura menyatakan dirinya sebagai “Raja Tuna” dan dia membayar untuk harga tertinggi itu. Nilai lelang ini dua kali lipat lebih besar dibandingkan rekor sebelumnya sebesar 155 juta yen yang dibayar oleh dia pada 2013.

“Ini ikan tuna yang terbaik. Saya bisa membeli seekor tuna yang nikmat dan super segarnya ini,” terang pemilik jaringan restoran sushi kepada para jurnalis, dilansir Channel News Asia, Senin (7/1/2019).

Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia dan menjadi daya tarik turis di yang penuh dengan restoran dan toko. Pasar itu pindah pada Oktober kemarin ke Toyosu, bekas pabrik gas yang lokasinya lebih jauh ke wilayah timur negara itu.

Tsukiji dibuka pada 1935 dan terkenal lantaran lelang harian sebelum fajar untuk ikan tuna yang ditangkap dari penjuru dunia. Ikan tuna digunakan untuk siapa saja mulai dari chef sushi bintang Michelin sampai toko grosir biasa. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Zulfikar turut berduka
Loading...