AS Ketar-ketir Stasiun Antariksa China di Argentina Jadi Ancaman Besar

0 1.135

WASHINGTON,PenaMerdeka – Militer Amerika Serikat dilaporkan ketar-ketir akan kemungkinan ancaman dari stasiun antariksa yang dikelola China di Argentina. Diketahui, stasiun itu untuk mendaratkan pesawat antariksa tak berawak ke sisi jauh bulan.

Pejabat senior militer AS mengkhawatirkan China dapat menggunakan stasiun terpencil yang berlokasi di gurun pasir Patagonia itu, untuk menembak jatuh satelit-satelit Amerika dan sekutu.

Laporan dari Press TV, Minggu (10/2/2019), di depan Kongres AS pada Kamis (7/2/2019) kemarin waktu setempat, Laksamana Craig Faller terpilih sebagai kepala Komando Selatan AS.

Hal itu mengingatkan bahwa Beijing dengan cepat memperluas jangkauannya di Amerika Selatan, wilayah yang telah dikenal sebagai halaman belakang Amerika Serikat.

Faller secara spesifik menyebut fasilitas antariksa milik China di Argentina tersebut sebagai ancaman yang besar.

Stasiun antariksa itu mulai beroperasi pada April 2018 lalu dan memainkan peran penting dalam pendaratan pesawat antariksa tanpa awak China di sisi jauh bulan pada Januari lalu.

Pejabat militer dan intelijen AS telah mengawasi cermat kompleks seluas 200 hektar itu. China juga telah memasang antena 16 lantai di stasiun tersebut, yang dipasangi pagar kawat berduri setinggi 8 kaki.

Pemerintah China sudah menegaskan bahwa pihaknya menggunakan fasilitas itu untuk observasi luar angkasa sipil dan proyek-proyek eksplorasi.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa stasiun antariksa itu terbuka untuk publik dan media. Kementerian pun menuding pihak yang mempertanyakan operasi stasiun tersebut, memiliki “motif-motif tersembunyi.” (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...