Ads Helmi Halim

Gara-gara Tragedi Miras Oplosan, 150 Orang Tewas di India

0 201

GUWAHATI,PenaMerdeka – Sebanyak 150 orang tewas akibat setelah mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan di negara bagian Assam, India pada Sabtu (23/2/2019) kemarin.

Tragedi miras oplosan ini menjadi kedua di India dalam bulan ini. Ratusan orang lainnya dirawat di rumah sakit. Otoritas tengah memburu pembuat dan penjual miras oplosan itu.

Melansir dari Kantor Berita Reuters, Senin (25/2/2019), data yang dilaporkan dari tiga rumah sakit di Assam tersebut lebih banyak dibandingkan perkiraan sebelumnya 84 orang tewas.

“Kami memiliki lebih dari 170 orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit dengan para pasien baru dari wilayah terdekat. Para pasien mengalami sakit usai dua hari mengonsumsi miras tersebut,” jelas Menteri Kesehatan Assam Himanta Biswa Sarma.

“Kami sudah mengirim sejumlah sampel untuk pemeriksaan forensik guna mengetahui komposisi yang digunakan dalam miras oplosan itu yang membuat banyak orang tewas,” lanjutnya.

Tragedi miras oplosan di Assam terjadi hanya dua pekan setelah kasus serupa yang menewaskan 100 orang di negara bagian Uttarakhand dan Uttar Pradesh, India.

Korban tewas akibat miras oplosan yang disebut warga setempat sebagai “hooch” itu sering terjadi di India. Hal itu karena warga tidak dapat membeli miras bermerek yang harganya lebih mahal.

Produksi dan konsumsi miras oplosan di Assam diketahui menjadi kebiasaan di wilayah perkebunan the di Assam. Para pekerja kebun teh biasanya mengonsumsi miras oplosan karena harga yang murah. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...