Ads Helmi Halim

Erdogan Klaim Turki Siap Tengahi Ketegangan Pakistan dan India

0 222

ANKARA,PenaMerdeka – Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki, menyatakan Ankara siap mengambil bagian untuk mengurangi ketegangan antara Pakistan dan India. Apabila diminta, Turki klaim siap jadi penengah.

“Meningkatnya ketegangan antara India dan Pakistan tak membantu siapa pun,” terang Erdogan dalam sebuah pernyataan, seperti melansir dari Anadolu Agency pada Minggu (3/3/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Erdogan juga memuji langkah dari Pakistan dalam menyerahkan Abhinandan Varthaman, pilot India yang mereka tangkap baru-baru ini.

“Saya berharap bisa melihat langkah-langkah serupa dari India,” jelasnya.

Varthaman (35) ditangkap militer Islamabad usai pesawat jet tempur MiG-21 Bison yang dia terbangkan ke wilayah Kasmir Pakistan ditembak jatuh.

Pilot itu sempat dipukuli warga Pakistan di Kashmir hingga wajahnya berlumuran darah dan akhirnya diamankan militer Islamabad. Jet tempurnya ditembak jatuh Rabu lalu.

Terkait Varthaman, pada sebelumnya Perdana Menteri India, Narendra Modi memuji keberanian dari pilot Angkatan Udara India (IAF).

“Dunia memperhatikan yang dilakukan India. India memiliki kekuatan mengubah arti kata dalam kamus, Abhinandan berarti selamat datang. Sekarang makna bahasa Abhinandan berubah,” imbuh Modi. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...