Singapura Beli Jet Tempur Siluman untuk Ancam China?

0 323

BEIJING,PenaMerdeka – Para pakar Beijing menyatakan keputusan Singapura membeli pesawat jet tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat (AS) tak mungkin untuk mengancam China.

Menurut mereka pada sebelumnya, analisis baru oleh media Washington yang menyebutkan bahwa langkah Singapura sebagai ancaman untuk Beijing adalah pemikiran yang konyol dan angan-angan.

Pernyataan para ahli itu dikeluarkan usai Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengumumkan awal Maret bahwa negara tersebut berencana membeli hingga 12 pesawat jet tempur siluman F-35.

Namun, media Amerika CNN, menegaskan bahwa potensi pembelian tersebut dapat menyebabkan keraguan dari China.

Laporan CNN menyatakan bahwa keputusan Singapura merupakan indikasi kekhawatiran yang berkembang di Asia mengenai “ambisi regional” China.

Laporan yang mengutip analis itu mengatakan bahwa China harus melihat rencana Singapura sebagai bukti masih ada permintaan kuat di kawasan Asia-Pasifik untuk kehadiran AS.

Namun faktanya Singapura sudah mengimpor jet tempur canggih AS selama 30 tahun belakangan ini. Rencana pembelian F-35 hanya kelanjutan dari strategi pertahanan nasional. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...