Awas! Ini Efek Buruk Tak Tidur Seharian

0 255

JAKARTA,PenaMerdeka – Pernahkah Anda tak tidur seharian? Apabila pernah, mungkin Anda bakal mengalami efek buruk kesehatan. Namun, tidur dengan waktu yang cukup memiliki kesehatan di segala usia.

Tidur, bersama dengan diet seimbang dan olahraga yang tepat merupakan fondasi dari kesehatan yang dinilai sangat baik.

Kurang tidur kronis dapat meningkatan risiko kondisi medis serius, seperti salah satunya diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Tidur yang buruk menyebabkan peningkatan produksi kortisol tubuh yang dikenal hormon stres. Hal ini juga menyebabkan fungsi hormon tidak tepat.

Kurang tidur juga dinilai bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang menyebabkan diabetes tipe 2. Berikut efek tidak tidur seharian seperti melansir dari berbagai sumber oleh penamerdeka.com;

1. Jantung koroner

Durasi tidur pendek dan panjang kurang dari lima jam atau lebih dari sembilan jam, telah terbukti mempunyai dampak negatif pada kesehatan.

Anda pun juga memiliki peluang lebih besar untuk terserang penyakit jantung koroner ataupun terserang stroke jika kurang tidur.

2. Pelupa

Apabila tidak tidur selama sehari bisa membuat Anda lebih pelupa. Sebuah penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa tidur berdampak pada pembelajaran dan memori.

Tidur sangat penting guna proses konsolidasi hal-hal yang kita pelajari di otak. Jadi, istirahat yang tepat sangat diperlukan sekali untuk mengunci informasi baru di otak.

3. Masalah berpikir

Kehilangan tidur selama satu malam dinilai bisa menyebabkan masalah kognisi (berpikir) utama.

Tidur yang tak benar sangat memengaruhi otak dan Anda akan kehilangan energi untuk berpikir kreatif atau memahami berbagai hal. Jadi, guna menghindari masalah berpikir, yuk coba tidurlah dengan nyenyak. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...